Ekonomi NTB Tumbuh 6,26 Persen, Wagub Ingatkan Jangan Lengah

Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Ekonomi NTB pada triwulan III 2019 tumbuh sebesar 6,26 persen. Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah bersyukur dengan pertumbuhan ekonomi NTB tersebut berkat kerja keras semua pihak di daerah ini. Namun di sisi yang lain, Wagub mengingatkan peningkatan pertumbuhan ekonomi NTB tersebut tak lantas membuat semua menjadi lengah.

‘’Alhamdulillah naik, kita optimis. Tapi jangan lengah. Karena cepat juga turunnya kalau kita lengah. Alhamdulillah kerja keras seluruh masyarakat NTB itu berbuah manis. Tetapi hati-hati. Ini kan temporary. Kalau kita lengah, bisa turun lagi,’’ kata Wagub dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Rabu, 6 November 2019 siang.

Orang nomor dua di NTB ini mengatakan, semua sektor yang berkontribusi dalam peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) akan terus didorong. Seperti sektor pertanian, selama ini menumbang kontribusi yang cukup besar dalam PDRB di NTB.

Baca juga:  Belanja Proyek Pengurangan Kemiskinan Disorot, Pemprov Perkuat Fungsi Pembinaan

‘’Itu yang harus betul-betul kita dorong. Maka intensifikasi dan ekstensifikasi serta industrialisasi itu benar-benar harus terjadi. Nggak hanya di dalam perencanaan saja. Tapi riil di lapangan,’’  katanya.

Untuk mewujudkan perencanaan yang riil di lapangan, kata Wagub memang butuh sinergitas yang luar biasa. Ia melihat sinergitas

antara Pemprov dan kabupaten/kota sudah jalan. ‘’Tapi kan memang butuh waktu untuk terus menerus kita lihat progresnya,’’ terangnya.

Dalam sektor pertanian, kata Wagub, Pemprov sudah mulai mengembangkan teknologi pertanian yakni drip irigation. Selain itu, ia juga melihat ekspor non tambang sudah mulai meningkat. Hal ini menunjukkan, bahwa pengolahan produk unggulan daerah sudah mulai jalan.

‘’Tapi kita tak boleh lengah dengan angka 6 persen sekian itu. Tapi bisa jauh lebih meningkat lagi.  Peluangnya masih begitu banyak,’’ tandas Wagub.

Baca juga:  Belanja Proyek Pengurangan Kemiskinan Disorot, Pemprov Perkuat Fungsi Pembinaan

Provinsi NTB mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang mengesankan. Dalam setahun terakhir, ekonomi NTB tumbuh sebesar 6,26 persen (y on y).

Berdasarkan rilis BPS, ekonomi NTB triwulan III-2019 dibandingkan triwulan III-2018 tumbuh 6,26 persen (y on y). Sektor yang memberikan kontribusi terbesar bagi pertumbuhan ekonomi NTB adalah sektor konstruksi, dengan kontribusi sebesar 29,41 persen.

Sementara, pada triwulan III-2019 dibandingkan triwulan II-2019, ekonomi NTB tumbuh 1,42 persen (q to q). Pertumbuhan tertinggi dari sisi produksi disumbangkan oleh Industri Pengolahan. Kontribusinya mencapai 56,31 persen.

Pada triwulan I s/d III 2019 terhadap Triwulan I s/d III 2018 (c-to-c), ekonomi NTB mencatatkan pertumbuhan 3,70 persen (c-to-c). Kategori Konstruksi dengan sumbangsih 14,05 persen mencatatkan kontribusi tertinggi. (nas)