Harga Bapok di Dompu Stabil

Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok khususnya bumbu dapur stabil di Dompu, Minggu (6/10). (Suara NTB/dok)

Dompu (Suara NTB) – Harga sejumlah kebutuhan Bahan Pokok (Bapok) khususnya bumbu dapur di Dompu, stabil dalam sebulan terakhir ini. Seperti misalnya Cabai Rawit, dari lonjakan harga sebelumnya mencapai Rp80 ribu/Kg kini hanya berkisar Rp30 ribu/Kg. Kondisi serupa juga terjadi pada komoditas lain ditengah panen raya petani saat ini.

Salah seorang pedagang di Pasar Induk, Nurjanah kepada Suara NTB menyampaikan, tak ada gejolak harga cukup berarti yang dihadapinya, hampir semua jenis bumbu dapur normal mulai pasokan stoknya dari luar daerah sampai harga per kilogramnya. “Sudah normal semua sekarang, stoknya tersedia dan harga juga aman,” ungkapnya, Minggu, 6 Oktober 2019.

Untuk cabai rawit misalnya, dari lonjakan harga Rp80 ribu/Kg kini hanya Rp30 ribu/Kg. Demikian pula halnya Cabai Kriting dari harga per Agustus kemarin kisaran Rp65-Rp70 ribu/Kg.

Sementara, bawang putih dari Rp40 ribu/Kg saat ini paling

tinggi dijual pedagang Rp25 ribu/Kg. Kemudian Bawang Merah yang sebelumnya tembus Rp25 ribu/Kg turun signifikan sampai Rp8000/Kg. “Bawang merah ini sama dengan tomat yang sekarang hanya berani kita jual Rp3000/Kg,” ujarnya.

Stabilnya harga sejumlah kebutuhan bahan pokok tersebut, lanjut Nurjanah, tidak lain karena sebagian besar petani beberapa komoditas pertanian itu tengah dalam masa panen. Sehingga stok yang masuk ke Pasar Induk cukuplah besar. Bahkan dari petani lokal mulai ada yang memasoknya ke tingkat pasaran.

Kondisi ini diharap terus dipertahankan agar pedagang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus meningkat tiap bulannya.

“Pembeli Alhamdulillah masih lancar-lancar saja, tidak ada yang sampai terpaksa kita keringkan meski banjir cabainya. Sehari kadang bisa 50-80 Kg terjual habis karena kebetulan saat ini ada pelanggan-pelanggan baru,” pungkasnya. (jun)