XL Ingin Kembalikan Kejayaan di Pulau Sumbawa

Group Head Technology Strategy & Architecture XL Axiata, I Gede Darmayusa, Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan SMA negeri 2 Sumbawa, Bambang Wahyudi, Wakil Kepala Sekolah bagian Humas SMA Negeri 3 Sumbawa , Samsul Hadi, Head Of Sales XL Axiata Area Bali dan Sumbawa, Eko Setyawan, dan Head  Execution Assurance XL Axiata, Ronhugo Verry Leonard Tambunan dalam penyerahan Program GDK di Sumbawa,  26 Agustus 2019.

Sumbawa Besar (suarantb.com) – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) ingin mengembalikan kejayaannya di Pulau Sumbawa. XL saat ini tengah berusaha meningkatkan kenyamanan pelanggan atas akses internet cepat dan layanan data di berbagai pelosok infrastruktur dan jaringan untuk menjamin kenyamanan pelanggan Nusa Tenggara Barat.

Dibawah tahun 2005, XL dulunya adalah operator pertama yang mengawali jaringan telekomunikasi di Pulau Sumbawa. Karena itu, saat ini Pulau Sumbawa mendapatkan perhatian khusus.

Sejak pertama kali hadir pada 2017, jaringanXL Axiata 4G LTE terus diperluas ke berbagai pelosok wilayah di sebelah timur Pulau Lombok tersebut. Kini 74% dari total 180 ribu pelanggan telah mengakses layanan 4G.

Mochamad Imam Mualim, Group Head XL Axiata East Region mengatakan, hadirnya layanan 4G XL Axiata di Sumbawa mendapatkan sambutan yang sangat positif dari masyarakat setempat. Terbukti, trafik terus meningkat hingga lebih dari 95% dalam setahun terakhir.

Selain intensitas penggunaan oleh pelanggan yang terus meningkat, juga jumlah pelanggan yang juga bertambah secara signifikan. Bahkan, bisa dikatakan Sumbawa merupakan area dengan pertumbuhan penggunaan layanan data di atas rata-rata untuk seluruh wilayah NTB.

Imam menambahkan, tingkat pemahaman masyarakat Sumbawa atas manfaat layanan data dan teknologi digital guna meningkatkan produktifitas terus meningkat. Apalagi popularitas Sumbawa sebagai destinasi wisata juga semakin meningkat berkat penggunaan media sosial dan berbagai saluran informasi digital yang mengangkat potensi wisata di Pulau Sumbawa.

Mempertimbangkan hal tersebut,XL Axiata tidak ragu untuk terus memperluas area layanan 4G, agar masyarakat dapat meningkatkan  produktivitasnya di berbagai bidang, termasuk ekonomi daerah melalui bisnis perorangan maupun usaha kecil menengah.

Group Head Technology Strategy & Architecture XL Axiata, I Gede Darmayusa di Sumbawa Besar, Senin 26 Agustus 2019 menyampaikan, saat ini telah terpasang sekitar 700 BTS data (3G/4G) dan akan terus bertambah sampai akhir tahun menjadi 750 BTS. Secara nasional, untuk penambangan infrastruktur ini, XL menggelontorkan belanja langsung sampai RP7,5 triliun tahun 2019.

Jaringan 4G LTE XL Axiata telah hadir melayani masyarakat di semua kota/kabupaten atau lima kota/kabupaten di pulau ini sudah terlayani oleh jaringan data XL Axiata, baik 3G maupun 4G.

“Ritel hanphone di Sumbawa juga tersebar sebanyak 1.500 untuk melayani pelanggan. Dengan semua dukungan infrastruktur ini, kita ingin  mengembalikan kejayaan XL di Sumbawa,” ujarnya.

Masing-masing titik BTS 4G LTE tersebar di pusat kota yang meliputi area publik dan komplek pemerintahan, pusat ekonomi lokal, alun-alun, juga area sekolah. Selain itu, sebagian area pemukiman di masing-masing kota juga menjadi prioritas.

Tidak ketinggalan, XL Axiata juga terus membangun jaringan di area-area wisata yang kini menjadi sektor andalan Sumbawa, termasuk pantai-pantainya yang semakin tersohor.Kedepannya XL Axiata juga akan melanjutkan pembangunan jaringan ke pulau-pulau sekitar Sumbawa yang memiliki potensi wisata yang tinggi. Termasuk ke pulau-pulau pavorit destinasi wisata internasional. Sebut saja Pulau Moyo.

Untuk jaringan backbone fiber optik, di Sumbawa hingga saat ini sudah mencapai sekitar 2.000 kilometer. Hingga akhir tahun 2019 XL Axiata menargetkan penambahan jaringan fiber optik di Sumbawa sepanjang sekitar 1.200 kilometer.

Sesuai dengan visi pemerintah RI, pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan data yang dilakukan XL Axiata di seluruh Indonesua juga merupakan bagian dari dukungan pada program percepatan pembangunan di daerah-daerah tertinggal.

Untuk itu pula, XL Axiata juga membangun dan mengoperasikan jaringan telekomunikasi melalui programUniversal Service Obligation (USO) yang diinisiasi oleh pemerintah melalui Kemkominfo di wilayah Sumbawa.

XL Axiata mengoperasikan sebanyak 8 BTS USO di wilayah NTB yakni dua BTS di Lombok serta 6 BTS di Sumbawa.  Untuk BTS USO di Sumbawa terdapat di tiga kabupatenyaitu Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Sumbawa Barat.  Saat ini di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat, XL Axiata memiliki lebih dari 4.900 BTS termasuk lebih dari 3.000 BTS data (3G/4G).

Dibagian lain, untuk lebih semakin mengenalkan manfaat layanan data dan internet cepat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, XL Axiata juga memberikan donasi kuota data untuk sejumlah sekolah di Sumbawa. Ada sebanyak 50 sekolah setingkat SMU/SMK yang menerima bantuan ini, yang tersebar di 5 Kab/kota. Donasi berupa kuota akses layanan data ini merupakan bagian dari program Gerakan Donasi Kuota (GDK).

Melalui program GDK, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat di setiap wilayah operasi XL Axiata atas manfaat keberadaan layanan data dan internet cepat bagi usaha-usaha produktif, termasuk untuk meningkatkan kualitas pendidikan.(bul)