Ratu Ganefi Kembali Didaulat Pimpin DPD IWAPI NTB

Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi

Mataram (suarantb.com) – Baiq. Diyah Ratu Ganefi kembali mendapat kepercayaan untuk kedua kalinya memipin DPD Ikatatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi NTB. Ia dipilih secara aklamasi, menjadi nakhoda organisasi ini untuk periode kedua, 2019-2024.

Periode pertama, 2014-2019 ia telah tuntaskan. Karena dilihat ketokohannya, pengabdiannya kepada masyarakat, kepada anggota IWAPI dan kepada organisasi, 9 DPC IWAPI di kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat membulatkan suara. Mendaulatnya kembali memimpin IWAPI NTB lima tahun kedepan.

Rencananya, Baiq. Diyah Ratu Ganefi, atau akrab disapa BDRG, akan dilantik khusus oleh Ketua DPP IWAPI, Ir. Nita Yudi, MBA pada Rekernas di Surabaya, Jawa Timur dalam waktu dekat. BDRG, anggota DPD RI Perwakilan NTB ini sejak menjadi anggota, telah 23 tahun berorganisasi di IWAPI.
Musda ke – IV tahun 2019 yang dilaksanakan dari pagi hingga sore hari, Selasa 20 Agustus 2019 di Gedung Sangkareang kantor gubernur adalah momen bersejarah. Selama pelaksanaan Musda, Ketua Umum Iwapi, Nita Yudi beserta jajarannya mengikuti setiap tahapan Musda secara seksama, hingga final.
Biasanya, dalam setiap Musda, ketua umum IWAPI hanya membuka kegiatan, atau mewakilkan. Tapi tidak dengan Musda IWAPI di NTB tahun ini. Sejak sebelum Musda di mulai, Nita Yudi bahkan kerap menyebut BRDG dipilih langsung secara aklamasi. Ia sangat mempercayai kepemimpinan BDRG membawa IWAPI NTB mendukung pemerintah dalam pembangunan.

“Saya lihat bu Ganefi ini hubungannya sangat bagus dengan pemerintah daerah, dan stakeholders. Dan ini tidak mudah,” ujarnya.
Menjadi Ketua IWAPI menurutnya harus memenuhi beberapa kriteria. Berintegritas + 3 O + N + A. Maksudnya, 3 O adalah memiliki Otak yang cedas/pintar. Memiliki Ongkos (kuat financial), dan memiliki Otot (Tangguh menangani persoalan di lapangan). Memiliki Networking (jaringan) serta Amanah, serta siap melayani. Kriteria ini ia percayakan ada di BDRG.

Pada pelaksanaan Musda ini, Wakil Gubernur, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah sekaligus sebagai pembuka acara. Orang nomor dua di NTB ini menyampaikan apresiasi dan terimakasih pemerintah daerah atas kontribusi IWAPI mendukung pemerintah dalam pembangunan di daerah selama ini.

Ia mengharapkan terjalin hubungan yang makin lebih baik. Dan IWAPI diminta terus berperan aktif mendukung program-program unggulan daerah menuju “NTB Gemilang”. Istri Gubernur NTB, Hj. Niken Zulkieflimansyah juga tak ketinggalan. Ketua PKK Provinsi NTB ini turut membuka kegiatan pameran yang di gelar di arena Musda.
Pesannya, sinergi IWAPI dengan PKK, serta BKOW akan semakin kuat. Mengingat, IWAPI memiliki peran sangat strategis dalam banyak hal. Juga turut hadir, jajaran Kadin NTB, dan stakeholders lainnya.

Sementara BDRG mengatakan, sangat berharap IWAPI NTB meregenerasi kepemimpinan. Ia yakin, masih banyak kader-kader yang lebih baik. Membawa IWAPI pada perubahan yang lebih baik. Apa dikata. Ia telah dimandatkan, diberi amanah kembali sebagai Ketua DPD IWAPI NTB.
Salah satu program yang direncanakan. Memperkuat IWAPI membentuk kader-kader millennial untuk mengakselerasikan perubahan zaman.

“Saya memperogramkan memperluas program wirausaha melalui program goes to campus. Adik-adik kita di kampus kita latih menjadi wirausaha dan mereka akan kita tarik menjadi anggota IWAPI,” ujarnya.
Selain itu, pelatihan-pelatihan pasar digital akan diintenskan di setiap DPC. “Semua anggota IWAPI harus melek teknologi,” demikian Ratu Ganefi.
Secara bersamaan, Ratu Ganefi juga mengukuhkan kepengurusan tiga DPC IWAPI, DPC Lombok Utara, Lombok Tengah dan Sumbawa Barat. (bul)