Utamakan Keselamatan Anak dari Bahaya Eskalator

Diskusi tentang keselamatan penggunaan elevator dan eskalator dengan media, pihak LEM dan KONE salah satu perusahaan elevator dan eskalator di Indonesia pada Minggu (18/8) di atrium LEM. (Suara NTB/viq)

Mataram (Suara NTB) – Salah satu perusahaan global elevator dan eskalator yang ada di Indonesia, KONE dalam acara “KONE Safety Campaign for Children–Safety Riding Elevator and Escalator” (KSCC-SREE) di Lombok Epicentrum Mall (LEM) bertujuan mengajak masyarakat utamakan keselamatan saat menggunakan elevator dan eskalator.

Pada Minggu, 18 Agustus  2019, manajer direktur KONE Indonesia, Yandy Januar menilai keselamatan merupakan aspek prioritas bagi KONE, termasuk juga keselamatan para pengguna elevator dan eskalator.

Saat menaiki elevator dan eskalator ungkap Yandy, yang pertama dalam bayangan masyarakat adalah kemudahan akses. Akan tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan saat menaiki elevator dan eskalator yaitu keselamatan tetap jadi yang utama.
Dalam acara KSSC-SREE, Yandy berkomitmen memperkuat budaya penggunaan elevator dan eskalator dengan aman terutama bagi ibu-ibu dan anak-anak. Menurut Yandy, kecelakaan yang kerap terjadi pada elevator dan eskalator dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat dengan keselamatan saat menggunakan eskalator.
Dia mencontohkan, tali sepatu yang masuk dalam eskalator atau rok bagi perempuan. “Hal inilah yang harus kita edukasi.

Bagaimana agar tidak ada kecelakaan saat naik eskalator,” tururnya kepada Suara NTB.
Dalam sejarah penggunaan elevator dan eskalator pada sebuah hotel dan mal, kecelakaan sering terjadi akibat kurangnya papan informasi yang dibuat atau ditempel oleh petugas mal dan hotel. “Misalnya pemberitahuan kepada yang menggunakan sepatu bertali untuk hati-hati, atau kepada yang

menggunakan gaun atau rok saat naik eskalator untuk mengutamakan safety. Tidak hanya itu, bagi ibu-ibu yang membawa anaknya juga harus selalu safety,” jelas Yandy.
Dengan mengajak ratusan anak-anak dan orang tua pengunjung mal untuk ikut andil dalam acara KSCC-SREE tersebut dinilai mampu menekan angka kecelakaan pada penggunaan elevator dan eskalator. “Untuk anak-anak kita ajak untuk belajar menggunakan elevator dan eskalator yang benar dan aman dengan cara yang menyenangkan dengan peragaan.,” ungkap Fitranto Wibowo, Operation Manajer dari LEM.

Dikarenakan pentingnya keselamatan dalam menggunakan escalator maka KONE & LEM bekerja sama untuk mengadakan acara ini. Dalam acara ini KONE & LEM mengajak partisipasi dari pengunjung mall dan sekolah – sekolah. Tidak hanya Edukasi, berbagai acara hiburan pun menjadi rangkaian dari acara ini.

Penggunaan elevator dan eskalator dengan aman diharapkan dapat terus dilakukan dan menumbuhkan budaya penggunaan elevator dan eskalator yang baik dan aman. ”Kami berharap acara ini dapat mengedukasi masyarakat, terutama di daerah Lombok, dan meningkatkan kesadaran akan keselamatan penggunaan elevator dan eskalator terutama bagi anak-anak dan orang tua,” kata Yandy.

Yandy menerangkan, kecenderungan peningkatan kecelakaan pengguna dikarenakan minimnya kesadaran pengguna eskalator dan elevator. “Kadang pengunjung suka bermain di elevator dan eskalator. Inilah yang mengakibatkan kecelakaan di samping kelalaian,” tegas Yandy. (viq)