Bank NTB Syariah Kurban 40 Ekor Sapi untuk Dhuafa dan Mustahiq

Suasana pembagian daging kurban Bank NTB Syariah yang sudah disembelih. (Suara NTB/Humas Bank NTB Syariah)

Mataram (Suara NTB) – Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, dalam rangka mensyukuri datangnya Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Bank NTB Syariah mengadakan kegiatan bertajuk ‘’Tebar Sapi Qurban’’, yaitu kegiatan pengumpulan hewan kurban dari pengurus dan karyawan/karyawati Bank NTB Syariah.

Kegiatan terasa semakin meriah selepas shalat Ied hari raya dilakukan pemotongan hewan kurban di beberapa tempat. Di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Kantor Pusat dan di masing-masing Kantor Cabang Bank NTB Syariah di Kabupaten/Kota.

Sebagaimana di Kantor Pusat Bank NTB Syariah di Jl. Pejanggik Mataram, dihadiri  Direktur Utama Bank NTB Syariah, H.Kukuh Rahardjo, bersama jajaran Direksi, Dewan Komisaris, DPS, para mantan pengurus, GM/DGM/BM/SBM serta karyawan.

Konsep dari pelaksanaan kegiatan ini adalah menyampaikan kegembiraan di hari raya secara langsung kepada kaum dhuafa dan masyarakat. Pemotongan/penyembelihan sekaligus penyerahan kurban diberikan kepada keluarga dhuafa dan mustahiq di wilayah sekitar kantor.

Pada Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 ini, terkumpul hewan kurban, sebanyak 40 ekor sapi, dengan pola masing-masing seekor sapi tergabung 7 orang mudhohiy (shohibul qurban).

Baca juga:  Hari Raya Idul Adha, Jumlah Hewan Kurban Meningkat

‘’Alhamdulillah, pada tahun ini telah terkumpul 40 ekor sapi, diantaranya 17 sapi di Pulau Lombok dan 8 sapi untuk di Pulau Sumbawa. Hewan tersebut kami potong/sembelih langsung di Kantor Pusat dan Kantor Cabang, seperti yg dilakukan di sini (Kantor Pusat Bank NTB Syariah) sejumlah 6 ekor, termasuk sebanyak 14 sapi didistribusikan kepada masing-masing Pemda Kabupaten/Kota se-NTB dan 1 ke TGB Center.’’

Dari keseluruhan hewan kurban, terbagi menjadi 3.500 bungkus masing-masing berisi 2 Kg daging/bungkus. Sehingga jumlah mustahiq yang menerima lebih banyak dari tahun sebelumnya. Hewan-hewan kurban ini berasal dari sumbangan pengurus dan karyawan/karyawati Bank NTB Syariah, dengan total sebanyak 392 mudhohiy (pequrban)/shahibul qurban) yang menyalurkan kurbannya tahun ini.

‘’Kami berharap dengan adanya program ini, masyarakat di NTB dapat merasakan kegembiraan hari raya secara merata. Hal ini sejalan dengan salah satu program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan,’’ kata Kukuh Rahardjo.

Dengan berbagai deversifikasi produknya, Bank NTB Syariah menyediakan berbagai kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dunia maupun akhirat. Dalam hal Bank NTB Syariah memfasilitasi masyarakat untuk berkurban dengan program Tabungan Qurban maupun cicilan menggunakan Tambora iB Amanah untuk pembelian hewan kurban tahun berikutnya.

Baca juga:  Amman Mineral dan Yayasan Muslim Batu Hijau Serahkan Hewan Kurban ke Takmir Masjid

Rencananya, tahun depan program Tabungan Qurban yang diikuti seluruh pegawai muslim, insya Allah jumlah hewan kurban akan bertambah.

‘’Kami berterimakasih kepada segenap pihak yang terlibat sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Alhamdulillah, NTB Syariah sebagai bank daerah yang modern, dinamis, dan universal senantiasa berusaha menjadi mitra bagi masyarakat. Nasabah dan mitra untuk terus bergerak menebarkan kemanfaatan bagi masyarakat luas wabil khusus NTB,’’ sambung Kukuh.

‘’Ke depan, diharapkan sinergi positif dengan berbagai pihak ini dapat terus terjalin sehingga lebih banyak lagi kebaikan yang dapat disebarluaskan bersama untuk mewujudkan NTB Gemilang,’’ demikian Kukuh Rahardjo mengakhiri sambutannya.

Didampingi para pengurus, karyawan, dan mantan pengurus yang ikut hadir dan menyaksikan langsung proses pemotongan/penyembelihan hewan kurban sesuai syariah. Terlihat suasana penuh kegembiraan dan keakraban serta kekompakan merayakan hari raya Qurban. Ayo! Kembali ke Bank NTB Syariah… insyaa Allah berkah. (bul/*)