Hari Raya Idul Adha, Jumlah Hewan Kurban Meningkat

Hewan kurban yang mulai berdatangan, Jumat, 9 Agustus 2019 dan diikat di salah satu sudut kantor Walikota Mataram, siap dipotong untuk didistribusikan kepada warga yang berhak menerimanya. (Suara NTB/viq)

Mataram (Suara NTB) – Panitian Hari Besar Islam (PHBI) Kota Mataram pada perayaan Hari Raya Kurban, Minggu, 11 Agustus 2019 akan memotong sapi dan memberikan daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan. Pemkot menilai jumlah daging Kurban meningkat dari tahun sebelumnya.

PHBI Kota Mataram telah menyiapkan skenario untuk seluruh ASN dan pimpinan SKPD beserta jajaran bergabung dengan pemerintah provinsi NTB bersama-sama melaksanakan sholat Idul Adha di masjid Islamic Center Mataram.

Asisten I Pemkot Mataram, Lalu Martawang, sebagaimana biasanya tradisi di Kota Mataram begitu selesai sholat Idul Adha akan melanjutkan acara di kantor Walikota Mataram dengan penyerahan hewan kurban kepada PHBI Kota Mataram dari Walikota Mataram. “Dalam hal ini Sekda Kota Mataram akan menyerahkan ke petugas yang memotong hewan kurban,” katanya, Jumat, 9 Agustus 2019.

“Alhamdulillah tahun ini terjadi peningkatan jumlah hewan kurban yang akan dipotong. Sebagai perbandingan, tahun 2018 itu sapi 15 ekor dan kambing 32 ekor.  Sekarang ini sudah tercatat di kami lebih kurang yang sudah pasti itu 19 sapi dan sebanyak 44 kambing,” katanya.

Nantinya lanjut Martawang, dari 15 sapi dan 44 kambing yang akan dikurban, akan dikumpulkan dan dipotong di Kantor Walikota lima ekor sapi. “Sisanya itu nanti dari masing-masing kecamatan akan berikan masing-masing satu ekor sapi untuk dipotong di kecamatan,” katanya.

Pada saat yang besamaan kata Martawang, dari Pemkot Mataram juga akan mendistribusikan dari 10 ekor sapi dan  44 kambing tersebut kepada Dinas-dinas terkait untuk mendistribusikan ke lapangan. “Kita sudah pastikan beberapa SKPD yang memiliki petugas petugas lapangan seperti Dinas PUPR, Dinas LH, Pemadam dan Dinas Perkim kita beri dia untuk didistribusikan ke lapangan, mudah-mudahan jumlahnya bisa menigkat. Kita usahakan,” katanya.

Pada beberapa titik, Dinas LH akan memeberikan kambing kepada masyarakat yang berdekatan di TPA Kebon Kongo. Kemudian, pada Rumah Sakit Kota Mataram, kata Martawang, kita akan berikan kambing juga untuk masyarakat sekitar rumah sakit.

Hari Raya Kurban ini, kata Martawang, adalah momentum membangun spirit atau semangat berkurban yang dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah di tengah masyarakat Kota Mataram. Sehingga kita mencapai pada asas solidaritas sosial dan kebersamaan. “Itu menjadi marwah pencapaian dari Visi Kota Mataram,” tuturnya.

Pada Jumat hingga Sabtu Pemkot Mataram akan membagikan kupon yang didistribusikan untuk masyarakat di sekitar kantor Walikota.  “Jumlahnya (kupon) menyesuaikan. Kita atur. Yang penting jatahnya kita siapkan. Prioritas kita untuk masyarakat yang ada di sekitar saja. Kita juga beri kepada yang layak dapat saja. Insha Allah cukup,” kata Martawang. (viq)