Diatensi OJK, Bank Mandiri NTB Pastikan Uang Nasabah Aman

Farid Faletehan dan Syarief Dilaga

Mataram (suarantb.com) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberi atensi perihal erornya sistem Bank Mandiri yang mengakibatkan keresahan nasabahnya, tanpa terkecuali nasabah bank pelat merah ini di NTB.

Diketahui, sistem IT milik Bank Mandiri eror dan mengakibatkan dana nasabah mengalami pengurangan jumlah, bahkan penambahan jumlah cukup fantastis secara tiba-tiba. Bank Mandiri mengambil langkah cepat memberikan keterangan resmi Sabtu 20 Juli 2019.

Dalam keterangan resmi yang sampai ke media ini, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, secara terbuka manajemen menyampaikan permakluman dan maaf kepada nasabah terkait erornya sistem informasi nasabah.
Bank Mandiri saat ini tengah melakukan pemeliharaan/ maintenance sistem teknologi informasi untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan nasabah. Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, dalam proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem IT tersebut, berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah. Bank Mandiri saat ini sedang melakukan normalisasi saldo rekening yang terdampak pemeliharaan sistem IT tersebut.

Bank Mandiri mempersilahkan Nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri. Rohan meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Bank Mandiri juga memastikan rekening nasabah aman.

Hal senada juga disampaikan Syarief Dilaga, Area Head Bank Mandiri NTB, ia juga menjamin dana nasabah Mandiri di NTB aman. Terkait nasabah yang ingin melakukan pengecekan saldo, Syarief mengatakan menyediakan layanan weekend bangking di cabang Gde Ngurah dan Cabang Bima.

Mengingat erornya sistem Bank Mandiri ini terjadi akhir pekan.
“Pelayanan nasabah sudah normal dan lancar,” demikian Syarief.
Sementara Kepala Otoritas Jasa Keungan (OJK) Provinsi NTB, Farid Faletehan menegaskan, mengingat sistem yang terganggu milik Mandiri Pusat, OJK pusat secara otomatis melakukan koordinasi kepada perbankannya untuk memastikan penyelesaian persoalannya.

“Koordinasinya di tingkat puast, mengapa bisa terjadi dan tentunya nanti akan di minta penejelasan. Yang jelas, kedepan akan menjadi perhatian agar tidak terulang kembali. Bank mandiri wajib memastikan keamanan nasabah,” ujarnya.

Otoritas akan mengawal persoalan ini sampai tuntas. Kepada masyarakat, nasabah Bank Mandiri khususnya, OJK juga meminta harap tenang. Otoritas juga akan memastikan seluruh dana nasabah aman. (bul)