NTB Kembangkan Kawasan Khusus Industri Logam dan Permesinan

Ilustrasi industri logam (pixnio)

Mataram (Suara NTB) – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mendukung program industrialisasi olahan dan permesinan yang dilakukan Pemprov NTB. Pemprov akan mengembangkan kawasan khusus industri logam dan permesinan di daerah ini.

‘’Kalau industri logam dan permesinan ada kawasan khusus,’’ kata Kepala Bappeda NTB, Ir. Wedha Magma Ardhi, M.TP dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 5 Juli 2019.

Ardhi mengatakan beberapa hari lalu, tim dari Bappenas turun ke NTB. Mereka melihat sentra industri logam dan permesinan yang ada di Pulau Lombok seperti Gatep, Kota Mataram dan Kotaraja, Lombok Timur.

Baca juga:  Investor Malaysia akan Bangun Pabrik Pakan

Selain itu, Bappenas juga melihat Science Technology and Industrial Park (STIP) NTB yang berada di Banyumulek, Lombok Barat (Lobar). Ardhi mengatakan, untuk pengembangan industri logam dan permesinan, Pemprov sedang mendorong Industri Kecil Menengah (IKM) yang sudah jalan di dua lokasi tersebut.

Selain itu, kata Ardhi, Bappenas juga memberikan atensi terhadap pengembangan industri olahan di NTB. ‘’Saya pikir NTB dengan KEK Mandalika, Geopark, Cagar Biosfer, meningkatkan taraf hidup masyarakat, industrialisasi suatu keniscayaan yang harus kita buat,’’ katanya.

Baca juga:  Masyarakat Dompu Tak Menikmati Kehadiran Pabrik Gula

Pengembangan industri olahan dalam bidang pertanian dalam arti luas akan dilakukan berbasis IKM. Di mana, produk-produk pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan NTB tidak lagi dikirim dalam bentuk bahan mentah. Tetapi harus diolah dulu menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sehingga memberikan nilai tambah di dalam daerah. (nas)