2020, Pembangunan Smelter Wajib Dimulai

Ridwan Syah (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Persoalan lahan dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan smelter dan industri turunannya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) harus tuntas tahun ini. Pasalnya, konstruksi pembangunan smelter harus sudah dimulai awal 2020 mendatang.

‘’Memang waktunya agak mepet. Targetnya paling lambat 2020 harus membangun. Membangun smelter itu wajib,’’ tegas Ketua Tim Percepatan Pembangunan Smelter PT. AMNT, Ir. H. Ridwan Syah, MM, M. Sc, M. TP dikonfirmasi di Mataram, Jumat, 5 Juli 2019.

Ridwan menjelaskan, PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) berharap pembangunan smelter dan industri turunannya dapat dilakukan paralel. Tetapi investor untuk pembangunan industri turunan tersebut masih dijajaki.

Baca juga:  Pembebasan Lahan Smelter Akhirnya Disepakati

Ia menjelaskan, Pemda KSB sudah selesai melakukan appraisal terhadap lahan yang menjadi lokasi pembangunan smelter dan industri turunannya dengan menggandeng pihak ketiga. Pemda KSB juga sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Laporan dari KSB yang diterima melalui Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Dr. Amry Rakhman bahwa sekarang prosesnya Pemda KSB sedang melakukan pendekatan kepada masyarakat terdampak. Jika dilihat dari 1.000 hektare lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan smelter dan industri turunannya, ada yang berupa tanah kosong, gedung perkantoran, pemukiman penduduk dan persawahan.

‘’Harapan Pak Gubernur kepada kita supaya persoalan-persoalan terkait masalah sosial ini diselesaikan,’’ katanya.

Baca juga:  Memacu Kontribusi di Tengah Tren Negatif

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB ini menjelaskan masalah penyelesaian lahan dan izin lingkungan atau Amdal sedang berproses secara paralel. Semua persyaratan-persyaratan terkait dengan pembangunan smelter harus segera dituntaskan.

‘’Yang penting bagaimana lahan ini bisa selesai. Karena tak akan ada investasi kalau tak ada kejelasan masalah lahan,’’ terangnya.

Selain itu, penentuan kawasan pembangunan smelter dan industri turunannya menjadi kawasan industri harus selesai tahun ini. Supaya semua persyaratan untuk pembangunan konstruksi smelter terpenuhi.

‘’Tahun depan kita berharap konstruksinya dimulai. Paling tidak smelter dulu. Kalau industri turunan ini juga menyangkut investasi,’’ pungkasnya. (nas)