Kemajuan Sektor Pariwisata NTB Harus Dipertahankan

Iswandi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Penjabat Sekda NTB, Ir. H. Iswandi, M.Si mengadakan silaturrahmi dengan jajaran Dinas Pariwisata NTB, Kamis, 27 Juni 2019. Iswandi hadir sekaligus menyampaikan arahan untuk mendorong pariwisata NTB yang lebih baik dan lebih maju. Sebab menurutnya, pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang menentukan keberhasilan daerah.

‘’Saya harapkan menjadi kebanggaan bagi bapak/ ibu sekalian yang melaksanakan tugas di tempat ini,’’ kata Iswandi.

Menurut Sekda, Dinas Pariwisata mengemban tugas yang sangat berat. Sehingga harus bisa dikelola ke depan dengan manajemen yang lebih dari waktu kewaktu. Succes story yang telah berjalan dalam kurun waktu 10 tahun tersebut merupakan hasil kerja keras yang tidak boleh disia-siakan. Karena itu, Sekda mendorong jajaran pariwisata NTB untuk melakukan optimalisasi program. Terutama melakukan pembenahan terhadap sejumlah kekurangan yang masih terlihat saat ini.

Baca juga:  Pemprov NTB Revitalisasi Balai Layanan Lanjut Usia

NTB masa kini menurutnya, sudah dikenal di penjuru nusantara bahkan dunia. Maka perlu belajar dari daerah lain seperti Bali, Jogja, Jawa Barat, sebagai daerah yang sudah maju pariwisatanya. Sehingga, ia mempunyai hajat untuk memberikan peran yang terbaik agar NTB bisa lebih maju.

‘’Hajat-hajat saya adalah memberikan peran-peran yang terbaik untuk kita lebih maju lagi seperti daerah-daerah lain,’’ harapnya.

Sekda juga menekankan bahwa pariwisata bukan hanya konsen pemerintah atau Dinas Pariwisata Provinsi. Tetapi juga pemerintah kabupaten/kota hingga desa. Selain itu, komponen penting yang harus aktif berpartisipasi adalah masyarakat agar tidak ada lagi gangguan isu tidak aman. Tidak bersih atau tidak ramahnya masyarakat.

Baca juga:  Konsep Promosi Pariwisata BPPD NTB Dipertanyakan

’Halal tourism jangan sampai berakhir sebagai predikat namun harus meningkat tidak stagnan apalagi mengalami penurunan,’’ katanya.

‘’Pekerjaan berat menanti lima tahun ke depan.  Mari kita bekerjasama dengan baik.  Walaupun anggaran banyak hambatan dan  terbatas, kita harus  bisa gunakan seoptimal mungkin untuk progam ke luar dan ke dalam. Dan tetap jaga koordinasi kita sekuat-kuatnya. Semoga Allah SWT memberikan kita kemudahan dalam menjalankan semuanya.’’

Pada kesempatan itu,  Kadis Pariwisata NTB, H. L. Moh. Faozal, S.Sos.M.Si  mengekspos program unggulan di sektor pariwisata. Faozal menjelaskan bahwa program Dinas Pariwisata telah dikorelasikan dengan visi misi menuju NTB Gemilang yang dicanangkan Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalilah. (r)