Bank Dinar akan Gelontorkan Dana Kebajikan Rp3 Miliar

Mustaen menujukkan salah satu paket sembako yang akan di distribusikan kepada kaum duafa. Anggarannya dialokasikan dana kebajikan, hasil dari bagi hasil uang nasabah yang dikelola.

Mataram (suarantb.com) – Bank Perkreditan Dinar Ashri adalah BPR Syariah terbesar yang ada di Nusa Tenggara Barat. BPRS dengan saham pengendali milik pengusaha lokal ini tumbuh cukup progresif. Kontribusinya bagi masyarakat di NTB juga tak kecil.

Bayangkan saja, BPRS yang telah berusia 13 tahun ini, akan menggelontorkan dana kebajikan, atau dana sosial sebesar Rp3 miliar. Hampir dua kali lipat dari dana kebajikan yang digelontorkannya tahun 2018 lalu. Seluruhnya, diperuntukkan bagi kebutuhan dan kegiatan sosial masyarakat Bumi Gora.

Direktur Utama PT. BPRS Dinar Ashri, Mustaen menyebut, sebagai bank daerah, merupakan kewajiban untuk mengembalikan lagi pendapatan yang didapatkan dari daerah ini.

“Prinsipnya, dana nasabah yang kami kelola, ada bagi hasil yang harus kami salurkan kembali kepada masyarakat NTB,” jelas Mustaen di temui di ruang kerjanya, Kamis 9 Mei 2019.

Apa saja bentuknya dana kebajikan yang disalurkan tersebut? Selama sebulan ini, Bank Dinar menyalurkan kebutuhan air minum untuk masjid-masjid dari Mataram sampai Bima. Lalu membagi-bagikan sarung untuk takmir dan marbot masjid.

Selain itu, untuk mendukung aktivitas ibadah di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center, Bank Dinar juga membagi-bagikan nasi kotak sebanyak 200 kotak sehari. Penyaluran Sembako juga dilakukan. Sebanyak 1.700 paket + 800 paket untuk kaum duafa. Pembagian paket sembako ini berlangsung terus selama sepanjang tahun.

Masih menurut Mustaen, Bank Dinar yang kantor pusatnya di Jln. Sriwijaya No. 394 Blok X-XI Mataram ini juga mengalokasikan dana kebajikannya untuk renovasi masjid. Membersihkan karpet masjid, bekerjasama dengan salah satu penyedia jasa pencucian. Membagikan lemari mukenah untuk masjid. Tak sampai disitu, dana kebajikan Bank Dinar juga di alokasikan untuk penggantian sound system masjid. Untuk gempa di Lombok Utara beberapa waktu lalu, Bank Dinar juga turut membangun salah satu masjid.

“Kami peruntukkan semuanya untuk daerah ini. hasil uang yang kami kelola, semuanya di kembalikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kepada daerah ini. semakin besar bank ini, semakin besar manfaat yang akan di terima masyarakat,” jelas Mustaen.

Selain itu, Bank Dinar juga berencana akan berinvestasi mendukung peningkatan SDM putra-putri terbaik di NTB. Jika Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Dr. Hj. Rohmi Djalillah telah memulai menyekolahkan putra putri terbaik NTB belajar secara gratis di luar negeri, Bank Dinar juga akan melakukannya. Meskipun tidak langsung ke luar negeri.

“Putra-putri tebaik yang berprestasi, akan kami berikan beasiswa. Sekitar bulan Juni ini kami akan memulainya,” demikian Mustaen.

Bank Dinar adalah bank daerah yang sedang naik daun. Sejumlah terobosan bisnis di lakukan. Niatnya dapat menyamai BPR-BPR besar lainnya di Indonesia. Bank Dinar kini mengelola dana lebih dari setengah triliun. dua tahun kedepan, targetnya mengelola modal lebih dari Rp1 triliun. semakin besar bank ini, Direksi dan Pemegang Saham komitmen, akan memberikan konstribusi yang semakin besar kepada pembangunan NTB. (bul)