HINO akan Luncurkan Produk Baru

Wibowo Santoso

Mataram (Suara NTB) – Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) dalam waktu dekat akan meluncurkan produk terbarunya. Perusahaan otomotif produsen mesin diesel, truk, dan bus dengan basis utama di Jepang ini akan memberikan kejutan kepada publik.

Dua produk terbaru ini seperti yang disebut Wibowo Santoso, Deputy GM Sales Planning & Strategic Devision PT. Hino Motors Sales Indonesia yakni Dutro 4.4 yang diciptakan untuk mendukung operasional kendaraan di medan off road.

Misalnya, untuk mendukung kelancaraan pekerjaan di sektor pertambangan, perkebunan, maupun infrastruktur lainnya.

“Hino Dutro 4×4 ini akan sangat membantu karena penggeraknya semua aktif. Roda depan maupun belakang. Pada saat medannya berlumpur produk ini akan akan tetap kuat beroperasi,” jelas Wibowo.

Dutro ini biasanya oleh customer digunakan untuk mengangkut orang dan supporting unit ketika unit lain terjadi trouble di lapangan. Produk terbaru Hino ini akan dilengkapi juga dengan paket-paket keamanan. Misalnya, akan ditambah kelengkapannya untuk kontrol keadaan belakang kendaraan dengan kamera belakang.

Untuk kendaraan jenis truk, saat mundur biasanya akan kesulitas untuk memantau objek belakang akibat terhalng bak truk. Tidak cukup hanya dengan spion kiri dan kanan, kelengkapan safety dengan kamera belakang ini menurut Wibowo akan sangat memberi kemudahan kepada pengemudi.

Lalu untuk produk lainnya, PT. HMSI akan meluncurkan bus varian terbaru dengan horse power yang besar. Yang ada saat ini, bus dengan tenaga 260 horse power atau 285 horse power. Hino akan melahirkan bus kapasitas

penumpang 54 orang dengan tenaga diatas 300 horse power.

Bus bertenaga tinggi ini diciptakan untuk menjawab kebutuhan customer dengan dukungan pemerintah mengembangan tol dalam provinsi dan lintas provinsi yang cukup memadai.

“Untuk jarak jauh, customer lebih cenderung memilih produk yang powernya besar dan lebih mantep. Ini yang kami akan jawab,” jelas Wibowo.

Selain beragam kelebihan produk, Wibowo juga membeberkan produk-produk Hino yang mengarah pada teknologi yang lebih memadai. Misalnya, Hino akan menanamkan perangkat teknologi yang terhubung langsung dengan satelit serta mampu menganalisa kondisi kendaraan.

Perangkat ini akan melengkapi informasi customer untuk memastikan posisi kendaraan ketika ingin memantaunya. Sekaligus, pengecekan kondisi kendaraan dapat dilakukan dengan mudah. Terutama di bagian mesin-mesinnya.

“Rencananya, semester II ini produk kita harapkan sudah diluncurkan,” demikian Wibowo.

Ia juga menyinggung soal pembangunan di NTB yang demikian progresif. Di dukung pertambangan, pertanian, perkebunan, lalu perikanan, belum lagi pariwisata. kemudian diperkuat dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan rencana besar membangun sirkuit MotoGP.

Ia menilai NTB adalah provinsi yang hebat dan di yakini pertumbuhan serta pembangunannya akan sangat cepat maju. Untuk mendukung itu, Wibowo mengatakan, Hino akan turut berkontribusi menyediakan produk-produk kendaraan yang lebih memadai bagi kelancaran pembangunan di daerah ini.

“Tahun 2018 lalu penjualan kami meningkat 30 persen. Dengan banyaknya pembangunan jalan serta infrastruktur pendukung KEK Mandalika, kami yakin penjualan kami juga akan jauh lebih baik,” demikian Wibowo. (bul)