Beranda Ekonomi 60 PKL Pantai Selong Belanak Bakal Direlokasi

60 PKL Pantai Selong Belanak Bakal Direlokasi

LAPAK PKL - Wabup Loteng, H.L. Pathul Bahri  meninjau lapak PKL yang ada di kawasan Pantai Selong Belanak, beberapa waktu lalu. Rencananya, lapak-lapak PKL ini akan direlokasi oleh pemerintah daerah.  (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) berencana merelokasi puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang ada di sepanjang Pantai Selong Belanak Praya Barat. Relokasi ini sebagai bagian dari penataan kawasan pantai yang menjadi salah satu objek wisata andalan Loteng tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Loteng, Drs. H. Saman, kepada Suara NTB, Rabu,  3 Oktober 2018.

Ia menjelaskan, total ada sekitar 60 PKL yang kini berjualan disepanjang kawasan Pantai Selong Belanak  yang nantinya akan direlokasi. Dikatakannya, penataan kawasan Pantai Selong Belanak dipandang perlu dilakukan. Mengingat, kawasan tersebut memang menjadi salah satu destinasi wisata andalan dan, banyak dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan mancanegera.

Hanya saja, kondisi pantai saat ini mulai kumuh, karena banyaknya lapak milik PKL yang berdiri di sepanjang pantai. “Kalau lapak PKL yang ada direlokasi, maka kawasan pantai nantinya lebih bersih,” terangnya.

Dengan begitu diharapkan, wisatawan akan lebih tertarik datang ke kawasan Pantai Selong Belanak, sehingga ke depan, wisatawan akan semakin banyak datang. Dan, kawasan Pantai Selong Belanak bisa benar-benar menjadi kawasan wisata andalan di Loteng.

Disinggung kapan relokasi akan dilakukan, Saman mengaku, masih menunggu kesiapan lokasi. Mengingat lokasi tempat relokasi masih dicari yang paling tepat supaya para PKL nantinya juga tidak terlalu jauh tempat berjualannya dengan kawasan pantai.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Selong Belanak, L. Yahya, membenarkan rencana relokasi PKL di kawasan Pantai Selong Belanak. Hanya saja, soal rencana detail itu diserahkan ke pemerintah kabupaten. Pihaknya akan memfasilitas saja sekaligus membantu mencarikan lokasi relokasi yang tepat.

“Untuk lokasi relokasi, kemungkinan besar akan mengambil lahan yang berada tidak jauh dikawasan pantai,”  terangnya. Harapannya, dengan direlokasikanya PKL tersebut kawasan Pantai Selong Belanak bisa semakin cantik dan tertata rapi. (kir)