Pimpinan Bank Indonesia NTB Berganti

Mataram (Suara NTB) – Tiga tahun menjadi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Prijono resmi diganti. Achris Sarwani, Kepala Divisi Pengelolaan Kebijakan SDM Bank Indonesia pusat, menggantikan posisinya.

Prijono ditugaskan kembali sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat. Serah Terima Jabatan dilakukan Jumat, 26 Januari 2018 kemarin di ruang serbaguna Bank Indonesia di Mataram. Hadir langsung Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng. Serta seluruh stakeholders.

Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang berhalangan hadir diwakili oleh Sekda NTB, Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M. Sc, Ph.D. Gubernur menyampaikan terimakasih kepada pejabat lama dan ucapan selamat datang kepada pejabat baru.

Pejabat lama dianggap telah bekerja dengan sangat baik di NTB. Karena itu, kepada kepala Bank Indonesia baru yang menjabat di NTB diharapkan dapat meneruskan yang telah dilakukan tersebut. Sekda mencontohkan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), di dalamnya berperan penting Bank Indonesia sehingga inflasi NTB tercatat sangat stabil pada 2017 lalu.

Demikian juga dengan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dinilai telah berhasil. Misalnya, pengembangan budidaya madu di Lombok Utara. Pengembangan kain tenun di Kabupaten Lombok Timur. Kluster ternak di Sumbawa, dan kluster cabai di Kabupaten Lombok Timur.

Kehadiran dan kebijakan pimpinan Bank Indonesia di daerah ini sanjung Sekda, cukup membantu para UMKM. Peningkatan mutu dan pemasaran produk menjadi kelebihan Bank Indonesia ketika menyentuh UMKM.

Bank Indonesia, tambahnya, tidak saja mendukung kemudahan para pelaku UMKM mengakses permodan di lembaga – lembaga keuangan. Yang tak kalah penting telah dilakukan pengembangan akses pasar.

“Pemasaran ini yang paling penting. Tidak berarti produk kalau pemasarannya tidak baik,” sebutnya.

Pertumbuhan ekonomi NTB dalam lima tahun terakhir juga mengalami pertumbuhan yang signifikan dan stabil. Tentu didalamnya tidak lepas dari kebijakan-kebijakan yang disumbang oleh Bank Indoneia.

“Karena itu sangat diharapkan pemimpin yang baru Bank Indonesia dapat mendukung lebik baik kinerja ekonomi yang telah tumbuh dengan baik,” harapnya.

Sementara Sugeng, Deputi Gubernur Bank Indonesia memastikan, pimpinan yang ditempatkan di daerah sebelumnya dilakukan seleksi yang cukup ketat. Orang-orang terbaiklah yang dipercayakan oleh Gubernur Bank Indonesia ini mengisi kursi pimpinan Bank Indonesia di daerah. Dengan begitu, kehadirannya dapat memberikan konstribusi yang sangat positif bagi daerah tugasnya.

“Putra-putra terbaik inilah yang selanjutnya akan memberikan pemikiran-pemikiran terbaiknya untuk mendukung penguatan ekonomi daerah,” demikian Sugeng. (bul)