PLN Naikkan Tarif Listrik

0
72

Mataram (suarantb.com) – Mulai tahun ini, kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 900 VA diberlakukan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero. Pelanggan di NTB termasuk yang terkena kenaikan tarif. Demikian disampaikan Deputi Manager Hukum dan Humas PT PLN Persero NTB, Fitriah Adriana, Selasa, 3 Januari 2017.

“Selama ini pemerintah sudah mensubsidi tarif listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA. Sekarang ini hanya pelanggan 450 VA dan pelanggan 900 VA yang tidak mampu yang akan menerima tarif bersubsidi,” ujarnya.

Kenaikan tarif ini didasari keputusan pemerintah untuk membatasi pemberian subsidi untuk pelanggan 900 VA. Pasalnya tidak semua pelanggan 900 VA berasal dari masyarakat tidak mampu. Bahkan tidak sedikit yang berasal dari kalangan mampu.

Dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Nomor 29 Tahun 2016 tentang Mekanisme Pemberian Subsidi Tarif Tenaga Listrik untuk Rumah Tangga, ditekankan kebijakan ini untuk pemberian subsidi tarif tenaga listrik yang lebih tepat sasaran.  Subsidi tarif tenaga listrik yang diberikan untuk keperluan rumah tangga hanya diperuntukkan khusus bagi daya 450 VA dan bagi rumah tangga miskin dan tidak mampu dengan daya 900 VA.

Penentuan pelanggan 900 VA yang disubsidi dan tidak mendapat subsidi ditetapkan Kementerian Sosial. PLN NTB hanya memberikan data pelanggan.

“PLN cuma memberikan data pelanggan di NTB. Kemensos yang menentukan pelanggan 900 VA yang masih menerima subsidi dan tidak. Kalau pelanggan 450 VA semuanya masih disubsidi,” jelasnya.

Mengenai perubahan tarif ini, Fitriah menyatakan telah dilakukan sosialisasi pada masyarakat.

“Kita sudah lakukan sosialisasi, salah satunya lewat media cetak. Masyarakat pengguna pra bayar juga sudah mulai membayar sesuai kenaikan tarif yang ditentukan. Kalau untuk pasca bayar mulai merasakan kenaikan saat membayar bulan depan,” imbuhnya. (ros)

  Kecamatan Sekotong Berkinerja Paling Rendah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here