Di NTB Expo 2017, Diskop UKM Tampilkan Produk UKM Lokal

Dompu (Suara NTB) – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Dompu ikut andil dalam NTB Expo tahun 2017 yang berlangsung di Islamic Center NTB Mataram, 3 – 6 Agustus 2017. Event yang menampilkan produk – produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ini, Kabupaten Dompu juga menghadirkan langsung para pelaku UKM selain memajang berbagai produk UKM di daerah.

Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu, Drs. H. A, Gani bahkan langsung ikut memasarkan produk UKM yang dipajang di stan milik Kabupaten Dompu usai pembukaan NTB Expo tahun 2017, Kamis, 3 Agustus 2017 sore. H A Gani bahkan langsung menawarkan beberapa barang kepada para pengunjung seperti madu, susu kuda liar, biji mete, dan makanan khas Dompu.

Tidak hanya menawarkan barang ke pengunjung, H. A. Gani juga mendorong penjaga stan yang terdiri dari pelaku ekonomi dan jajaran di Bidang UKM untuk aktif menawarkan produk kepada pengunjung dan tetap memberikan pelayanan terbaik dengan tetap menjaga keramahan. Ketika ada saran dan masukan, juga harus direspon dengan baik untuk perbaikan produk yang lebih baik kedepan.

Baca juga:  Saat MotoGP, PKL Lingkar KEK Mandalika Ingin Jual Gorengan

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Dompu, Drs. H. A. Gani saat menawarkan produk UKM Dompu kepada pengunjung stan milik Pemkab Dompu.(Suara NTB/ist)

Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu, Ir. Hj. Serim, M.Si yang dihubungi, Jumat, 4 Agustus 2017 kemarin, mengungkapkan, NTB Expo yang diikuti pelaku UKM ini sebagai media promosi produk dan ajang studi banding atas produk usaha dengan produk usaha di daerah lain. Selain untuk mempromosikan produk usahanya, event ini juga sebagai media investasi bagi pelaku usaha.

“Makanya kita ikutkan juga beberapa pelaku usaha dalam pameran NTB Expo ini untuk mereka promosikan produknya sambil studi banding dengan produk usaha di daerah lain,” katanya.

Diakui Serim, hanya empat pelaku usaha yang diikutsertakan dalam NTB Expo tahun 2017 karena keterbatasan anggaran di Dinas. Tetapi pelaku usaha lainnya hanya diambil produknya untuk dipamerkan dan dijual di arena NTB Expo. Diantara produk kerajinan yang dibawa seperti parang, gelas songga, sapu kayu dan tenunan. Selain itu, mete, abon ikan, abon daging, stik rumput laut, emping jagung, mete, madu, susu kuda, jajan kahangga, jajan karoto sahe, dan berbagai produk usaha lainnya.

Baca juga:  NTB Raih Anugerah Paramakarya 2019

Ia pun berharap, melalui event ini akan semakin menambah pengalaman para pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas produk. Termasuk juga diharapkan semakin menambah kemitraan dan akses usaha untuk pemasaran produk. “Inilah yang kita harapkan dari event seperti ini. Mereka bisa membuka jejaring untuk pengembangan usaha dan bisnisnya, makanya kita libatkan beberapa pelaku usaha,” terangnya.

Selain pelaku usaha yang diikutkan di stan Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu, beberapa pelaku usaha Dompu juga dilibatkan di asosiasi UKM Provinsi. Hasil produk dari UKM Dompu juga minta barangnya untuk dipamer di sejumlah stan Dinas/Instansi tingkat Provinsi. (ula/*)