Masih Moratorium, Satu Retail Modern Mulai Beroperasi

Advertisement

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram masih memberlakukan moratorium penerbitan izin retail modern. Namun nyatanya, satu retail modern di Jalan Catur Warga dibuka dan mulai beroperasi belum lama ini.

Dikonfirmasi perihal ini, Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, Lalu Alwan Basri, S.Pi.,MM menyampaikan sejak moratorium diberlakukan, pihaknya tak pernah lagi mengeluarkan izin operasional retail modern.

Menurutnya jika pun ada yang mulai beroperasi, kemungkinan telah mengurus izin jauh sebelum moratorium diberlakukan. “Sudah saya stop. Begitu ada moratorium tidak ada lagi izin yang keluar untuk pasar modern. Dikecualikan kalau dia sudah melakukan proses dari awal, dia melakukan persetujuan lingkungan dan sebagainya silakan tidak bisa kita stop. Mungkin itu yang beroperasi,” jelasnya.

Menurutnya retail modern yang baru dibuka tersebut telah lama keluar izinnya namun baru-baru ini mulai dibuka. Jika ada retail modern yang mengurus izinnya sepanjang Januari-Februari 2017, ia tidak mempersoalkan operasionalnya. Pengecualian bagi yang mengurus izin setelahnya, maka dipastikan izin tidak akan diterbitkan.

“Kalau sudah proses bulan Januari sampai Februari silakan dilanjutkan. Untuk pendirian yang baru, kami setop tidak boleh sebelum ada hasil kajian dari Badan Litbang,” jelasnya. “Saya masih komitmen, masih pegang komitmen kita dengan ketua dewan dan walikota. Ya bagaimana, izinnya kan dari sana (walikota) bagaimana kita buat-buat,” sambungnya.

Alwan mengaku saat ini sedang menunggu hasil kajian dari Badan Litbang Kota Mataram terkait keberadaan retail modern. Setelah kajian rampung ada beberapa kemungkinan; moratorium dihentikan atau bisa juga diperpanjang. Ia berharap kajian segera rampung dilaksanakan sehingga bisa dijadikan acuan dalam mengeluarkan kebijakan terkait retail modern ini.

Moratorium tak hanya berlaku bagi retail modern yang selama ini banyak bertebaran di seluruh Mataram, tapi juga diberlakukan bagi semua jenis pasar modern. Kajian akan dilakukan secara komprehensif termasuk menentukan berapa jumlah ideal retail modern di Kota Mataram jika dibandingkan dengan luas wilayah. (ynt)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.