Menurun, Hunian Kamar di Hotel Non Bintang

Mataram (Suara NTB) – Hotel non bintang belakangan semakin banyak dibangun. Bahkan beberapa rumah disulap menjadi penginapan oleh pemiliknya. Hal ini disebabkan pada saat-saat tertentu kunjungan wisatawan menjadi banyak, sementara hotel yang ada tidak dapat menampung semua kunjungan itu. Misalnya pada saat MTQ Nasional tahun lalu. Namun tahun ini jumlah hunian kamar di hotel non bintang cenderung turun.

“Hunian kamar di hotel non bintang pada bulan Mei menurun jika dibandingkan dangan tahun lalu maupun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi NTB Ir. Endang Tri Wahyuningsih belum lama ini.

Tingkat penghunian kamar di hotel non bintang pada bulan Mei 2017 tercatat 25,43 persen. Turun sebesar 0,72 poin dibandingkan dengan hunian bulan April 2017 yang tercatat sebesar 26,15 persen. Jika dibandingkan dengan hunian bulan Mei 2016 yang sebesar 32,94 persen, turun 7,51 poin. Jumlahnya cenderung menurun dibandingkan tahun lalu, karena tahun lalu banyak event yang diselenggarakan di NTB, khususnya Kota Mataram.

Baca juga:  Aruna Senggigi Gelar Acara ‘’Children’s Day Carnival’’

Tingkat hunian kamar di hotel non bintang juga lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat hunian kamar di hotel bintang. Hunian kamar pada hotel bintang pada bulan Mei 2017 mengalami sedikit penurunan dibandingkan bulan April 2017.

Hunian bulan April 2017 tercatat sebesar 51,69 persen, turun 0,86 poin pada bulan Mei 2017 sebesar 50,83 persen. Jika dibandingkan dengan hunian bulan Mei 2016 sebesar 50,99 persen, berarti mengalami penurunan sebesar 0,16 poin. Meskipun jumlahnya menurun, namun jumlah itu lebih besar jika dibandingkan dengan hunian di hotel non bintang.

Baca juga:  Warga Keluhkan Pembangunan Hotel di Udayana

Kecenderungan wisatawan memilih hotel berbintang juga disebabkan hotel bintang letaknya berada di sekitar destinasi wisata. Meskipun tidak sedikit pula yang memilih untuk menginap di hotel bintang. Saat ini NTB memiliki setidaknya 700 hotel non bintang. Keberadaannya pun tersebar hampir di semua daerah. Namun hotel non bintang paling banyak berada di Kota Mataram.(lin)