Cabai Impor Vietnam Beredar di Mataram

Advertisement

Mataram (Suara NTB) – Saat harga cabai meroket beberapa bulan lalu, cabai impor dari Thailand dan India beredar di daerah ini, khususnya Kota Mataram. Kini cabai impor kembali masuk ke kota ini, namun kini cabai yang dijual di pasar-pasar tradisional ini berasal dari Vietnam. Hal ini disampaikan salah satu pedagang cabai di Pasar Mandalika, Syamsul kepada Suara NTB belum lama ini.

“Ini dari Vietnam. Beda sama yang dari India sama Thailand,” ujarnya.

Perbedaannya dengan cabai impor India atau Thailand ialah ukurannya lebih kecil, menyerupai cabai lokal. Syamsul memasok cabai impor ini dari distributor yang langsung mendatangkan cabai impor dari Jawa.

Syamsul mengatakan cabai impor ini masih terus dicari konsumen kendati harga cabai telah turun. Harga cabai impor dari Vietnam ini yaitu Rp 32 ribu sampai Rp 35 ribu per kilogram. Warga yang membeli cabai impor ini ialah kebanyakan para pedagang yang berjualan di pasar-pasar kecil. Tidak hanya dari Kota Mataram, tapi pelanggan Syaiful yang membeli cabai impor ini juga berasal dari Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur.

Pemakaian cabai kering impor ini menurutnya tak hanya untuk berbagai acara yang membutuhkan cabai dalam partai besar, tapi juga untuk pemakaian sehari-hari. Sehingga cabai impor ini tetap laris kendati harga cabai lokal telah mulai turun sejak beberapa bulan lalu. Warga lebih memilih cabai impor juga karena harganya lebih murah dibanding cabai lokal.

“Jatuhnya lebih murah. Kalau yang lokal kan masih mahal. Kalau yang impor ini lebih murah dan sudah kering,” jelasnya. Harga cabai lokal saat ini mencapai sekitar Rp 40 ribu per kilogram.

Alasan murahnya harga cabai impor ini tak diketahui pasti oleh Syaiful. Ia mengatakan harganya memang murah dari distributor. Dalam sehari ia bisa menjual 50 kilogram. “Kadang 30 kilo, tergantung dari sepi-ramainya (pembeli),” ujarnya. Syamsul memasok cabai impor sampai 250 kilogram sampai 300 kilogram setiap pekan.

“Itu juga cepat habis,” katanya. Tingkat kepedasan cabai impor menurutnya jauh lebih tinggi dibandingkan cabai lokal. Hanya saja rasanya lebih berbeda. (ynt)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.