Global Hub Bandar Kayangan, Mimpi Lombok Miliki Kota Maritim Sekelas Singapura

Ilustrasi Bandar Kayangan (Suara NTB/ist)

Mataram (suarantb.com) – Slogan HUT NTB ke 57 : Ikhtiar Tiada Henti sepertinya mendorong Pemprov NTB untuk gencar mempromosikan rencana pembangunan kota maritim kelas dunia, Global Hub Kayangan.

Dilansir dari portal hubkominfo.lombokutarakab.go.id, KLU yang berada di “highway” pelayaran dunia memiliki daerah yang cocok untuk kapal berukuran super besar. Layaknya Singapura, Kota Bandar Kayangan direncanakan akan menjadi pelabuhan bagi kapal-kapal masa depan, kawasan industri, bisnis dan perdagangan internasional.

Dilengkapi dengan hunian kelas dunia lengkap dengan sarana dan prasarananya, sistem pelayanan kesehatan dan keamanan ditambah dengan SDM yang ahli dan terampil, masyarakat yang ramah, budaya kosmopolitan dan politik yang stabil. Sebuah kota kelas dunia akan lahir di Lombok.

Untuk mewujudkan mimpi ini menjadi kenyataan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Lalu Gita Ariadi menyatakan Pemprov NTB terus bergerak melakukan promosi.

Menurut Gita, meski belum menjadi direktif utama Presiden Jokowi dalam rapat terbatas dengan Gubernur NTB, pada 21 Februari lalu, dan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN) belum kunjung tiba.

Baca juga:  TP4D Temukan Proyek Jembatan Nasional Bermasalah

“Kita terus berusaha melakukan promosi. Inisiator Global Hub baik dari kalangan pemerintah pusat, Pemprov NTB dan Pemda KLU terus bergerak melakukan promosi,” ujarnya, Sabtu, 4 Maret 2017.

Salah satunya adalah acara Promoting Global Hub Bandar Kayangan di Jakarta, Jumat kemarin, 3 Maret 2017. Yang dihadiri Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, anggota DPR dan DPD RI Dapil NTB, Dubes negara-negara sahabat, pejabat utama kementerian/lembaga terkait Global Hub, calon-calon investor, Pejabat Pemprov NTB dan jajaran direksi PT. GNE, Bupati KLU, Najmul Akhyar dan segenap Tim Ahli Global Hub.

Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi membuka acara ini dengan menyatakan bahwa realisasi pembangunan Global Hub Bandar Kayangan merupakan salah satu obsesi pembangunan di NTB.

Baca juga:  ‘’Groundbreaking’’ Dam Meninting Tandai Setahun Kepemimpinan Zul-Rohmi

“Kedepannya ini akan menjadi prioritas pembangunan yang perlu didukung pemerintah pusat dan daerah, masyarakat dan kesungguhan investor untuk menanamkan modalnya,” ujarnya.

Tim Inisiator Global Hub, Son Diamar kemudian menambahkan laporan persiapan. Termasuk pengenalan rencana penerapan pola Public Private People Partnership (P4) dalam pembangunan mega proyek ini.

“Kita harus segera memulai pembangunan Global Hub ini. Do it now, do it fast,” ucapnya di akhir laporannya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil yang hadir juga menyanggupi untuk membantu khususnya dalam hal pengaturan pertanahan. Agar pembangunan Global Hub bisa menciptakan kegiatan ekonomi yang berkeadilan dan mensejahterakan masyarakat serta kepastian investasi bagi para penanam modal.

Setelah KEK Mandalika yang akan menjadi kawasan wisata elit dunia, sepertinya TGB berambisi menyisakan jejak pembangunan luar biasa di NTB. Sebuah kota maritim kelas dunia yang disebut Global Hub Bandar Kayangan. (ros)