Pasokan Sembako Aman, Harga Cabai Bisa Menembus Rp 170 Ribu

Mataram (suarantb.com) – Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Dra. Hj. Putu Selly Andayani, M.Si menyatakan ketersediaan sembako aman meskipun cuaca buruk melanda NTB beberapa pekan terakhir.

“Biar saya dibilang ndak bicara saja, ternyata di sini faktanya tidak ada persoalan dengan sembako kita, semua tersedia, sayuran dan cabai dari sembalun, juga beras merah sudah habis diserbu masyarakat dari tadi pagi,” ujar Selly saat ditemui suarantb.com  pada  kegiatan pasar murah di depan Kantor Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Jum’at, 10 Februari 2017.

Selly menjelaskan kondisi cuaca yang buruk, tidak mempengaruhi distribusi bahan makanan/sembako dari luar daerah. Hal tersebut dibenarkan oleh salah pihak marketing dari salah satu distributor gula yang berasal dari Dompu, Made Robyn.

Baca juga:  Setelah Maulid, Disdag NTB Antisipasi Lonjakan Harga

“Sampai saat ini distribusi masih jalan terus, ndak ada masalah. Kita kirim gula ke Lombok lewat Pelabuhan Calabai pakai kontainer.

Meskipun cuaca buruk tapi semua ndak ada masalah, masih aman,” ungkap Robin.

Diakui Selly, meskipun ketersediaan stok sembako masih aman, namun intensitas hujan yang semakin tinggi beberapa hari terakhir membuat beberapa harga komoditas sayuran kembali meningkat. Ia mengakui harga cabai dipastikan kembali melambung di pasaran.

“Karena di Sembalun hujan angin dan mati lampu, jadi harga cabai kembali naik. Di sana sekarang Rp 150 ribu per kilo. Tadi dijual di sini (pasar murah) Rp 120 ribu, di pasar bisa sampai Rp 170 ribu,“ ungkapnya.

Baca juga:  Setelah Maulid, Disdag NTB Antisipasi Lonjakan Harga

Tekait upaya yang dilakukan untuk menekan harga, Selly mengakui bahwa semua bergantung pada kondisi cuaca. Namun, ia tetap berusaha untuk tetap menstabilkan harga di tengah kondisi cuaca yang buruk.

“Makanya kita buat kegiatan pasar murah ini salah satunya untuk menstabilkan harga. Juga biar masyarakat bisa menjadi konsumen yang cerdas, bahwa semua ini harga distributor, ndak ada permainan harga,” ujarnya.

Ketersediaan pasokan bahan sembako serta sayuran dipastikan aman. Namun harga beberapa komoditas sayur meningkat karena intensitas hujan yang tinggi.Terakhir, Selly mengakui bahwa beberapa masyarakat mulai menanam cabai menggunakan polybag, sebagai salah satu upaya mengatasi melambungknya harga cabai. (hvy)