Motivator Syafii Efendi Beri Kiat Sukses Menikah

Mataram (suarantb.com) – Trainer dan motivator termuda nomor satu di Indonesia, Mr. Syafii Efendi kembali menggelar seminar di Lombok. Seminar kali ini ditujukan untuk membahas karya terbaru Syafii yang berjudul “Nikah Muda Nikah Kaya”. Peserta seminar berasal dari santri dan santriwati Pondok Pesantren Nurul Haramain, Narmada, Kamis, 12 Desember 2017.

Sesuai dengan judulnya, buku “Nikah Muda Nikah Kaya” ini sangat cocok dibaca oleh para kawula muda. Terutama yang mulai merasakan adanya hasrat untuk menikah. Bahkan yang mulai mendapat dorongan dari lingkungan sekitar untuk segera menikah.

“Menikah itu memang harus muda, jangan menunggu sampai jadi tua. Kalau memang belum mampu, ikuti pesan Rasulullah untuk berpuasa. Tapi tidak ada pacar-pacarannya,” ujarnya.


Menurut Syafii, kunci kesuksesan memang diawali dengan menghindarkan diri dari pacaran. “Laki-laki sejati tidak akan menyatakan cintanya. Tapi akan memperbaiki diri untuk langsung menemui orang tuamu alias ngelamar,” tambahnya.

Menariknya dalam seminar yang menyentuh ranah pembahasan hingga urusan pernikahan ini, Syafii menyampaikan pada para santriwati agar memilih suami didasarkan pada tiga kriteria laki-laki sejati versi Syafii. Begitu pula para santri, diingatkan untuk memenuhi kriteria tersebut jika ingin mendapatkan jodoh yang diidamkan. “Tiga syarat jadi laki-laki sejati itu yaitu, harus lebih baik ibadahnya, lebih besar ‘uang’nya dan lebih tinggi ilmunya. Ini pertimbangan buat yang perempuan untuk cari suami. Dan jadi acuan buat yang laki-laki untuk memperbaiki diri,” jelasnya.

Kriteria kedua, menjadi penting menurut Syafii dikarenakan hampir 90 persen problem dalam kehidupan pernikahan disebabkan oleh kebutuhan keuangan yang tidak mencukupi. Tetapi Syafii meyakini, seorang laki-laki yang ilmunya tinggi pasti bisa meraih kesuksesan.

“Kalau seorang laki-laki ilmunya tinggi, pasti dia sukses, uangnya banyak. Karena dari ilmu yang tinggi dia bisa menempuh berbagai cara untuk sukses. Kita bisa ambil contoh dari Rasulullah SAW. Karena ilmunya beliau sukses jadi pedagang yang besar,” katanya.


Kembali Syafii mengingatkan, salah satu jalan meraih kesuksesan di usia muda adalah dengan menjadi pengusaha. Rasulullah pun seorang pengusaha, begitu pula dengan para sahabat. Untuk meraih kesuksesan besar memang dibutuhkan kegigihan dan ilmu.

Salah satu tips menjadi sukses dan kaya, menurut Syafii adalah dengan memperkuat ibadah sunnah. “Kita juga harus memperkuat sunnah, karena di balik sunnah itu ada kekayaan. Yang rajin mengerjakan itu pasti kaya. Jadi mulailah mengerjakan sunnah, shalat Tahajud, shalat Dhuha dan perbanyak istigfar,” ungkapnya.

Para santri dan santriwati dari Ponpes Nurul Haramain pun terpukau dengan kata-kata motivasi yang diberikan Syafii. “God want you to be rich! Memang kita diperintahkan untuk bersabar dalam kemiskinan, tapi kita tidak diajarkan jadi orang miskin. Karena Islam mengajarkan kita untuk jadi kaya,” ujarnya.

“Kaya di dunia kemudian perbanyak sedekah dan amal jariah. Akan membuat kita sangat kaya di akhirat,” tambahnya.
Jadi untuk teman-teman yang tengah mengalami kegalauan dengan urusan pernikahan, buku karya Mr. Syafii Efendi bisa dijadikan salah satu referensi bacaan yang menarik. Karena menikah memang tidak hanya didasari cinta, namun juga butuh ilmu. Dan ilmunya bisa dibaca di buku “Nikah Muda Nikah Kaya”. (ros/*)