Warga NTB Bisa Tukar Uang Baru Mulai Besok

Mataram (suarantb.com) – Hari ini, Selasa 20 Desember 2016 uang rupiah baru resmi diluncurkan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB. Dan mulai besok, Rabu, 21 Desember 2016 warga NTB bisa menukarkan pecahan rupiah lamanya dengan yang baru.

“Mulai besok kita melayani penukaran uang pecahan baru emisi 2016. Jadi masyarakat yang ingin menukarkan uangnya bisa langsung ke BI,” ujar Kepala Perwakilan BI NTB, Prijono.

Prijono menyebut peluncuran uang baru ini berbeda dari sebelumnya. Dimana untuk pertama kalinya semua pecahan uang baru dikeluarkan secara bersamaan baik uang kertas maupun logam, mulai dari pecahan Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu, Rp 2 ribu, Rp 1.000, Rp 500, Rp 200 dan Rp 100.

Dari semua pecahan uang tersebut, hanya pecahan Rp 100 ribu yang tidak mengalami perubahan gambar. Sosok proklamator, Soekarno-Hatta masih menghiasi lembaran uang Rp 100 ribu. Sementara pecahan lainnya memiliki perwajahan baru. Seperti gambar Pangeran Antasari (depan) dan Tarian Adat Dayak (belakang) di pecahan Rp 2.000 digantikan oleh gambar Mohammad Hoesni Thamrin dan Tari Piring, Pemandangan Ngarai Sianok dan Bunga Jeumpa.

Prijono mengatakan BI akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memperkenalkan uang baru tersebut. Terutama di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

“Kita punya keliling, yang nanti turun ke pasar-pasar. Itu juga sudah kita lakukan dengan uang-uang yang dulu,” imbuhnya.
Untuk bahan dari uang kertas baru tersebut menggunakan kertas khusus dari serat kapas. Jika dibandingkan dengan uang kertas yang lama, kertas yang terasa lebih kaku.

“Sekarang kan uangnya sudah baru, jadi kalau bisa uang kertasnya dijaga, jangan dibuat lecek atau dicoret-coret gitu,” ucap Eka, salah seorang peserta dalam acara peluncuran tersebut. (ros)