Mr. Syafii Efendi Berbagi Langkah Sukses di Usia Muda

Mataram (suarantb.com) – Indonesian Entrepreneur Club (IEC) kembali menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan dan Pemuda Mandiri 2016 di Mataram dengan tema “better life with action, 10 langkah sukses usia muda” di Puri Indah Hotel and Conventions, Selasa, 25 Oktober 2016. Dengan kembali mengundang Mr. Syafii Efendi, seorang Trainer dan Motivator nomor 1 di Indonesia.

seminar 4

Mr. Syafii Efendi Trainer dan Motivator nomor 1 di Indonesia

Seminar ini mengedepankan tentang pentingnya meraih kesuksesan sejak muda.  Terutama menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah bergerak memasuki Indonesia. Jangan mau dikuasai oleh bangsa asing yang masuk ke Indonesia, apalagi ke Mataram. Demikian pesan Syafii.

Salah satu solusi melawan pengaruh bangsa asing tersebut adalah dengan meraih kesuksesan sejak dini. Pada dasarnya penduduk Indonesia menjadi ‘pekerja’ pihak asing di negara ini karena mereka lebih sukses dari penduduk pribumi.

“Beranilah bercita-cita tinggi, bermimpi besar. Lulusan perawat jangan hanya berkeinginan jadi perawat, targetkan jadi pemilik rumah sakit. Lulusan bidan juga jangan hanya jadi bidan, jadi pemilik klinik,” tutur Syafii.

seminar 3

Untuk meraih kesuksesan tersebut, Syafii menekankan tidak bisa mengandalkan kampus. Semuanya terletak pada diri sendiri. “Sukses bukan tanggung jawab kampus, tapi diri sendiri,” tambahnya.

Langkah awal untuk meraih kesuksesan disebutkan Syafii dengan memiliki goal yang jelas. “Pertama adalah memiliki tujuan atau goal yang jelas, jika ingin mengubah dunia luar yang begitu besar, ubahlah dirimu sendiri dulu,” kata Syafii.

Selain itu, dibutuhkan kefokusan dalam memperbaiki input, belajar dari orang-orang terbaik, dan bekerja sama dengan orang-orang terbaik. Juga menjaga komitmen dan persisten, serta memiliki alasan yang sangat kuat. Terpenting lagi adalah dilaksanakan. “Karena setiap tetes keringat yang jatuh di jalan kebaikan tidak akan pernah sia-sia,” ujarnya.

seminar 2

Untuk menambah semangat peserta seminar yang sebagian besar pelajar SMA, Syafii menyampaikan dirinya sudah berhasil menerbitkan buku, dengan royalti miliaran rupiah. Selain itu, juga memiliki sejumlah usaha. Dengan penghasilan miliaran rupiah setiap bulannya. Jumlah yang fantastis untuk pemuda yang baru berusia 25 tahun. (ros/*)