Dewan Dorong Bank NTB Segera Konversi ke Perbankan Syariah

Mataram (suarantb.com) – Unit usaha syariah Bank NTB dinilai lebih menjanjikan keuntungan daripada Bank NTB yang menggunakan sistem konvensional. Fakta tersebut membuat DPRD NTB meminta manajemen Bank NTB untuk segera melakukan konversi dari perbankan konvensioanal menjadi perbankan dengan sistem syariah secara  total.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD NTB, TGH Mahalli Fikri, Senin 19 September 2016. Menurutnya, Bank NTB yang selama ini beroperasi menggunakan sistem perbankan konvensional harus segera dikonversi menjadi bank syariah.

“Saya sebagai pribadi sangat mendukung karena bank syariah tersebut sangat menjanjikan. Seperti tadi sudah disampaikan oleh Biro Ekonomi, bagaimana tingkat pertumbuhan Bank NTB konvensional dibandingkan unit syariahnya. Dan kalau bank syariah tidak memiliki keuntungan, kenapa hampir semua bank membuka cabang syariah,” katanya.

Baca juga:  Tumbuh Positif Setahun Pascakonversi, Insan Bank NTB Syariah Bershalawat dan Zikir

Menurutnya, sejauh ini, unit syariah yang berada di bawah Bank NTB  memberikan keutungan lebih besar dan menjanjikan keberlangsungan pertumbuhan yang baik jika dibandingkan dengan Bank NTB yang menggunakan sistem perbankan konvensional. Hal tersebut membuat Mahalli mempertanyakan kembali, apa yang menjadi alasan manajemen Bank NTB belum melakukan konversi dari sistem perbankan konvensional ke sistem syariah.

“Logikanya kan, kalau unitnya saja sudah mendatangakan keuntungan, apalagi kalau kita fokus total menjadi Bank Syariah, ” ujarnya.

Baca juga:  Resmi Dilantik, Pimpinan DPRD Provinsi NTB Janjikan Kinerja Lebih Baik

Ia juga menyebut, dukungan Pemerintah Provinsi NTB selaku pemegang saham mayoritas di bank milik daerah tersebut seharusnya dijadikan momentum oleh Bank NTB untuk segera melakukan perubahan sistem. Dan ketika momen tersebut tidak dijawab oleh manajemen Bank NTB dengan segera melakukan konversi, ia menghimbau agar pemerintah provinsi segera mengambil kebijakan untuk mengganti dan menyusun ulang manajemen Bank NTB.

“Jadi keinginan Gubernur untuk mengkonversi Bank NTB menjadi Bank syariah penuh sangat kita dukung. Harus dikonversi menjadi Bank syariah, kalau tidak bisa minggir,” tegasnya. (ast)