Dukungan PPP di Loteng dan Sumbawa Belum Jelas

H. Muzihir. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dari tujuh daerah kabupaten/kota di NTB yang melaksanakan pilkada serentak 2020, arah dukungan PPP sudah mengerucut di lima daerah. Sedangkan di dua daerah lainnya yakni Kabupaten Lombok Tengah dan Sumbawa arah dukungan PPP masih belum ada kejelasan.

Demikian disampaikan oleh Ketua Desk Pilkada DPW PPP NTB, H. Muzihir saat ditemui Suara NTB di ruang kerjanya, Senin, 10 Februari 2020. Dikatakan Muzihir dari laporan yang diterima dari masing-masing pengurus DPC, bahwa hanya Loteng dan Sumbawa yang masih belum ada kepastian soal pasangan calon yang akan diusung PPP.

Iklan

“Karena PPP hanya akan merekomendasikan kandidat yang punya pasangan, tidak perorangan. Nah hanya Loteng dan Sumbawa yang belum kelihatan ini, kalau daerah lain sudah ada kepastian siapa-siapa pasangan yang akan kami dukung,” katanya.

Diloteng PPP punya enam kursi, sehingga masih membutuhkan mitra koalisi untuk bisa memenuhi syarat mengusung pasangan calon. Tapi sampai saat ini belum ada satupun paslon yang sudah mendaftar di PPP sudah memiliki pasangan, dan juga dukungan partai lain yang akan menjadi teman koalisi PPP.

“Di Loteng itu kita punya enam, nah lalu siapa partai yang empat kursi itu, masih belum jelas. Kemudian siapa nama dari PPP yang akan didukung dan siapa yang jadi wakilnya, sampai detik ini belum ada yang sudah jelas. Katanya pasangan Dwi-Aksar, tapi kabar yang kami terima ini masih maju mundur, Ziadi juga belum ada pasangan, demikian juga dengan Masrun,” jelasnya.

“Jadi kita harus jelas dulu pasangannya, dan kita harus ketemu dengan partai yang akan jadi koalisi kita. Ini semua calon sudah mendekat ke kita, tapi saat kita minta pasangannya belum ada laporan juga. Karena itu kita masih belum ada gambaran Loteng ini. Padahal calon yang muncul banyak sekali,” sambungnya.

Sumentara di lima daerah lainnya seperti Kota Mataram, Muzihir menyebutkan sudah pasti arah dukungan akan jatuh ke pasangan Makmur – Ahda. Kemudian di KLU diberikan kepada Najmul Akhyar. Dimana pasangan wakilnya enggan disebut oleh Muzihir. Kemudian KSB juga sudah pasti ke pasangan petahana yakni Musyafirin – Fud. Kemudian Bima juga diberikan kepada IDP-Dahlan, dan Dompu kepada Saiful Rahman.

“Di Sumbawa memang kita sudah jelas akan mendukung kader, Nurdin Ranggabarani, tapi soalnya sampai detik ini dia juga belum ada pasangannya. Kemarin katanya sama BJS (Burhanuddin Jafar Salam), tapi kita konfirmasi ternyata belum. Nah ini yang kita tunggu,” katanya.

Senada dengan Muzihir, Ketua DPC PPP Sumbawa, Rusli Manawari yang dikonfirmasi terkait arah dukungan di Pilkada Sumbawa mengatakan bahwa pihaknya memang belum memutuskan siapa yang akan didukung, meskipun sudah jelas ada kadernya yang akan tampil maju bertarung.

“Nurdin sebagai kader adalah prioritas kita, tapi kita minta siapa pasangannya, dan itu kia serahkan ke Nurdin supaya segara menetapkan pasangan. Tapi sampai saat ini belum kami terima,” ungkapnya. (ndi)