Dukungan Calon Perseorangan di Silon Masih Nihil

Anshori (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Penyerahan dukungan calon perseorangan ke KPU Kabupaten Dompu dijadwalkan pada 19-23 Februari 2020. Kendati belum memasuki masa penyerahan dukungan, bakal calon bisa menyerahkan bertahap melalui Sistem Informasi Calon (Silon) agar tidak terkendala jaringan. Karena jumlah dukungan di Kabupaten Dompu yang harus dipenuhi calon perseorangan minimal 16.218 dukungan.

Bakal calon perseorangan dan timnya telah menyerahkan tim IT untuk mendapatkan nama pengguna dan sandinya dari KPU Kabupaten Dompu. Dengan nama pengguna dan sandi tersebut, tim bakal pasangan calon perseorangan bisa mengunggah data dukungan di Silon KPU. Pengunggahan ini bisa dilakukan secara daring dan luring. Agar tidak terkendala jaringan saat pengunggahan, bakal calon bisa memindahkan ke Silon secara bertahap.

Iklan

 “Kalau di-input sekaligus di waktu bersamaan dengan jumlah yang banyak, dikhawatirkan akan ada kendala jaringan dan lainnya. Apalagi ini terkhnologi, masih sangat bergantung dengan jaringan (internet). Makanya kita dorong untuk dimasukan di Silon (daring) secara bertahap,” kata Komisioner KPU Dompu, Anshori, SE kepada Suara NTB usai sosialisasi tahapan Pilkada di aula KPU Dompu, Kamis, 6 Februari 2020.

Sejauh ini, kata Anshori, belum ada dukungan untuk calon perseorangan di Silon KPU. Tapi tim bakal pasangan calon perseorangan, Prof. Dr. Mansyur-Aris Ansyari, ST, MT (Manis) sudah tiga kali melakukan konsultasi ke KPU. “Secara IT, tim Profesor tidak ada kendala. Mungkin tinggal keinginan meng-input (dukungan) di Silon saja,” ungkapnya.

Sesuai ketentuan, jumlah dukungan untuk calon perseorang di Dompu minimal 16.218 pemilih yang ditandai fotokopi KTP elektronik dan surat dukungan setiap pemilik KTP. Dukungan ini harus menyebar di minimal 5 Kecamatan dari 8 Kecamatan se-Kabupaten Dompu. Dukungan calon perseorangan ini akan diverifikasi KPU dan dilakukan pengecekan lapangan untuk memastikan dukungan.

Selanjutnya, KPU Kabupaten akan menyampaikan dukungan bakal calon perseorangan ke PPS untuk dilakukan verifikasi faktual mulai 26 Maret-15 April 2020 dan penyerahan syarat dukungan perbaikan pada 29 April-1 Mei 2020. Rekapitulasi akhir jumlah dukungan di tingkat KPU kabupaten dilakukan pada 28-29 Mei 2020. (ula)