Dukung Proyek Sirkuit Mandalika, Bank Syariah NTB Suntikkan Rp 16 Miliar ke MGPA

Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah, menandatangani kesepakatan pembiayan pembangunan sirkuit internasional Mandalika dari Bank NTB Syariah, disaksikan Dirut Bank NTB Syariah Kukuh Rahardjo, Selasa kemarin.

Praya (Suara NTB) – Bank Syariah NTB siap menyuntikkan dana segar untuk mendukung pembangunan sirkuit internasional Mandalika, dengan nilai mencapai hingga Rp. 16 miliar. Melalui pembiayaan berjangka yang diberikan kepada Mandalika Grandprix Assocation (MGPA) selaku penanggung jawab pembangunan sirkuit internasional Mandalika. Kesepakatan pembiayaan tersebut pun sudah ditandatangani Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo dan Direktur Utaram MGPA Ricky Baheramsjah, Selasa, 28 September 2021.

Penandatangan kesepakatan pembiayaan tersebut disaksikan langsung Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa, Gubenur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan jajaran pejabat Bank NTB Syariah lainya, bertempat di pitstop area sirkuit internasional Mandalika. Ini menjadi yang pertama kalinya Bank NTB syariah turut terlibat dalam pembiayaan proyek strategis nasional di daerah ini.

Iklan

“Kalau melihat nilai proyek sirkuit internasional Mandalika sendiri, pembiayaan yang diberikan Bank NTB Syariah memang kecil. Tapi paling tidak dengan keterlibatan Bank NTB Syariah ini bisa mendukung kelancaran pembangunan sirkuit internasional Mandalika,” terang Dirut Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo.

Dana yang bersumber dari pembiayaan Bank NTB Syariah tersebut akan digunakan untuk membiayai penyelesaian area pitstop dan beberapa fasilitas pendukung sirkuit lainnya. Pembiayaan berjangka tersebut berlangsung selama dua tahun. “Kita memberanikan diri ikut terlibat dalam proyek ini, karena melihat dampak positif yang besar bagi daerah kedepannya. Sehingga kita tidak butuh waktu lama untuk menyetujui pembiayaan tersebut,” imbuhnya.

Langkah Bank NTB Syariah tersebut mendapat respon positif Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa. Menurutnya, apa yang dilakukan Bank NTB Syariah tidak hanya memberikan manfaat bagi Bank NTB Syariah itu sendiri. Tetapi perkembangan dan kemajuan  daerah kedepan. “Ini langkah tepat dan baik bagi bank maupun kemajuan daerah kedepan,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah, mengaku sangat mengapresiasi perhatian dan dukungan yang diberikan oleh Bank NTB Syariah. Pihaknya pun berharap kemitraan yang mulai terbangun tersebut kedepan bisa semakin diperkuat lagi. Dan, tidak hanya terbatas pada proyek pembangunan sirkuit internasional Mandalika. Tetapi pada aspek-aspek lainnya.

MGPA sendiri sebelumnya sudah mendapat dukungan pembiayaan dari sejumlah bank nasional. Dan, Bank NTB Syariah menjadi satu-satunya bank lokal yang ikut terlibat dalam pembiayaan pembangunan sirkuit internasional Mandalika.

Progres Memuaskan

Sementara itu terkait progres pembangunan sirkuit internasional Mandalika, Purbaya Yudhi Sadewa yang juga Oversight Board MGPA (Dewan Pengawas) proyek sirkuit Mandalika, mengaku sangat puas dengan progres pembangunan sirkuit jalan raya pertama untuk event MotoGP tersebut. Di mana saat ini, proyek pembangunan sirkuit internasional Mandalika sudah hampir rampung. Dengan progres sudah diatas 90 persen.

“Awalnya kita agak pesimis dengan pembangunan sirkuit Mandalika, bisa tidaknya menggelar event balapan tahun ini. Tapi setelah kita lihat langsung progres dilapangan, kita jadi yakin bahwa sirkuit Mandalika siap untuk event balapan dunia,” tegasnya.

Tinggal sekarang bagaimana dukungan semua pihaknya bisa memberikan dukungan. Demi sukses dan lancarnya agenda balapan yang sudah direncanakan. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional