Dukung KSPN, Perum Damri Buka Rute Kayangan-Mandalika

Manager Operasional Perum Damri NTB, Tukul Erwanto, Senin, 19 Oktober 2020 bersama Dishub Lotim melakukan peninjuan halte dan sarpras lainnya rute Kayangan-Mandalika.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Perum Damri membuka rute baru yaitu Kayangan, Lombok Timur (Lotim) – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah (Loteng). Pembukaan rute baru ini untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) serta menyambut event MotoGP yang akan dihelat di KEK Mandalika pada tahun 2021 mendatang di Loteng.

‘’Trayek KSPN inipun untuk mempromosikan objek wisata di NTB untuk dipasarkan. Karena selama ini kendalanya, kurang moda transportasi menuju destinasi itu,’’ terang Manager Operasional Perum Damri NTB, Tukul Erwanto, Senin, 19 Oktober 2020.

Iklan

Diakuinya, Damri telah membuka dua trayek KSPN yaitu Bangsal, Lombok Utara – Rinjani, Sembalun Lombok Timur dan saat ini Kayangan – Mandalika Lombok Tengah untuk Provinsi NTB. Trayek Mandalika-Kayangan ini diresmikan 15 Oktober dan armada sudah beroperasi di dua rute tersebut.

Untuk rute Kayangan – Mandalika bisa ditempuh 1,5 sampai 2 jam perjalanan darat. Perum Damri sudah menyiapkan dua pos pemberangkatan baik di Kayangan maupun Mandalika. Di samping itu, disiapkan 2 terminal penumpang tipe C di Labuhan Haji dan Keruak.

Kemudian terdapat 7 halte terminal pendukung yang disediakan di simpang empat Pringgabaya, depan Kantor Desa Pohgading, Korleko, Geres, depan Kantor Lurah Tanjung, Pasar Jor Jerowaru dan halte di Pelabuhan Perikanan Awang.

Penumpang atau wisatawan bisa berangkat dari terminal maupun halte yang telah disediakan. Jam keberangkatan dari pukul 08.00 – 10.00 Wita. Penumpang hanya bayar Rp30 ribu. Dengan kehadiran Damri ini, diharapkan bisa mengangkat daerah wisata dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata. (yon)