Dukung Digitalisasi, Tiga Ponpes di KLU Dapat Bantuan Internet dari DPR RI

Tanjung (Suara NTB) – Digitalisasi pendidikan menjadi tuntutan seiring berkembangnya informasi dan teknologi. Menyadari hal itu, setidaknya 3 pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Lombok Utara (KLU) memperoleh bantuan Jaringan Internet Bakti dari DPR RI.

Bantuan internet diserahkan langsung Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Helmy Faishal Zaini ke Ponpes Nurul Yakin – Desa Malaka Kecamatan Pemenang, Ponpes As Sa’idiyah – Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, dan Ponpes Bayyinul Ulum – Desa Santong, Kecamatan Kayangan.

Iklan

Pada serah terima bantuan untuk santri itu, Helmy Faishal Zaini turun langsung ke lapangan. Ia juga datang untuk melihat situasi ponpes, baik dari aspek bangunan pondok, situasi belajar, serta daya dukung fasilitas internet pada pondok yang dikunjungi.

“Dengan bantuan jaringan internet ini, harapannya memberi kemudahan santri dalam mengakses internet untuk menunjag proses belajar mengajar yang efektif di era digital saat ini,” ucap Helmy.

Ditegaskan Helmy, siswa umum dan santri pondok memiliki hak yang sama dalam belajar. Salah satunya, belajar melalui fasilitas internet yang menyediakan banyak informasi.

“Ke depan, pondok pesantren harus mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional. Apalagi, pemerintah memberikan kesempatan dan perhatian yang sama kepada pondok pesantren seperti sekolah umum,” sambungnya.

Ia menyambung, PKB termasuk salah satu fraksi di DPR RI yang getol memperjuangkan regulasi yang memberi ruang bagi ponpes. Regulasi terbaru, ditandatanganinya Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2021 yang mengatur tentang dana abadi untuk ponpes. Dengan demikian, ponpes akan mendapatkan jaminan anggaran untuk keberlangsungan pondok sekaligus membangun generasi berkualitas yang agamais.

Di sela-sela kunjungannya itu, Helmy mengunjungi Sekretariat PC NU KLU, di Gondang. Ia didampingi oleh sejumlah pengurus PC NU KLU, seperti Ketua PCU NU, Ustadz Hamdun, Ketua Banser PCNU sekaligus Ketua DPRD KLU, Nasrudin, S.HI., serta Staf Ahli Bidang Ekonomi, Simparudin, SH. Di kantor PC NU ini, Helmy Faishal menyerahkan santunan kepada puluhan anak yatim piatu yang ada di Lombok Utara. (ari)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional