Dukung Destinasi Prioritas Baru, Dispar Lobar Sudah Siapkan RIPP

Kawasan wisata Senggigi yang masuk destinasi prioritas baru dan Pemda Lobar sedang menyiapkan RIPP. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemda Lombok Barat (Lobar) dalam hal ini Dinas Pariwisata mendukung penuh untuk menjadikan Lombok secara umum sebagai destinasi prioritas baru. Bahkan dinas terkait sudah menyiapkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPP). RIPP ini akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan rencana pembangunan destinasi wisata prioritas baru yang rencananya dilaksanakan dalam jangka lima tahun.

“Kita dukung penuh untuk menjadikan Pulau Lombok secara umum sebagai destinasi prioritas,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Lobar H. Saepul Ahkam, Minggu, 2 Agustus 2020.

Iklan

Menurutnya, kawasan destinasi yang masuk prioritas baru tersebut merupakan satu delienasi keseluruhan, sehingga bisa menjadi satu paket. Untuk Lombok Barat jelas dia sudah siap dengan penerapan protokol kesehatan, terutama untuk kawasan Senggigi.

Bahkan kata dia, Lobar juga sudah punya RIPP. Ia yakin RIPP ini sedang dievaluasi oleh Pemprov. Prinsipnya, kata dia, pihaknya tetap mengikuti perencanaan provinsi dan pusat selama sumber daya tersedia dan pihaknya tetap koordinasi. Sebelumnya diberitakan, Senggigi, Tiga Gili, Rinjani, Pantai Selatan dan Kota Tua Mataram Jadi Destinasi Prioritas Baru.  Pemprov NTB mendukung penuh persiapan Pulau Lombok sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.

Selain Mandalika, pengembangan pariwisata super prioritas di Pulau Lombok akan disusul oleh  Senggigi, Tiga Gili, Rinjani, Kawasan Pantai Selatan dan Kota Tua Mataram. Rencananya, pembangunan dan pengembangan destinasi super prioritas itu akan dilakukan secara bertahap selama 5 tahun ke depan. Proses pembangunannya akan dimulai pada tahun 2021 hingga 2024 mendatang setelah Peraturan Presiden (Perpres) ditetapkan.(her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here