Dukcapil KLU Operasikan Mesin ADM

Mesin ADM Dinas Dukcapil KLU sudah dioperasikan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. (Suara NTB/ari)

Tanjung (Suara NTB) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Utara (KLU), mengoperasikan mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) mulai Rabu, 28 Juli 2021. Mesin yang beroperasi layaknya ATM untuk dokumen administrasi kependudukan (adminduk) itu, diyakini akan memberi kemudahan serta kepuasan pelayanan kepada masyarakat.

Plt. Kepala Dinas Dukcapil KLU, Tresnahadi, S.Pt., mengatakan mesin ADM sudah mulai bisa diakses oleh masyarakat sejak Rabu kemarin. Mesin tersebut merupakan fasilitas bantuan Kemendagri atas prestasi kepada Dinas Dukcapil dan KLU karena telah mencapai target pelayanan dengan sangat baik.

Iklan

“Alhamdulillah, mesin ADM sudah dipasang di halaman depan RSUD KLU. Kami sengaja tempatkan di sana supaya gampang diakses oleh masyarakat,” ujar Tresnahadi.

Lokasi pemasangan mesin ADM berada tepat di pinggir jalan Nasional – depan RSUD KLU. Lokasi tersebut terjamin dari segi keamanan, dan mudah diakses oleh masyarakat umum.

Keberadaan mesin tersebut diharapkan dapat mendukung pelayanan kesehatan di puskesmas, rumah sakit, maupun mendukung pemenuhan persyaratan dokumen adminduk bansos/program lain dari pemerintah. Pasalnya, pencetakan adminduk di mesin ADM lebih cepat daripada waktu di Dukcapil di mana SOP pencetakan KTP memerlukan waktu 3 hari.

“Fungsi mesin ADM ini untuk mencetak semua jenis dokumen kependudukan, dari KTP Elektronik, KTP, KK, KIA, Akta-akta baik perwakilan, kematian dan akta perceraian. Misalnya ada warga yang keluarganya sakit dan butuh cepat adminduk pelengkap, bisa dicetak di mesin ADM,” tambahnya.

Namun demikian, untuk mencetak adminduk, warga harus memperoleh verifikasi lebih dulu dari Dukcapil. Yaitu, mengajukan proses manual pada staf atas dokumen yang diusulkan. Setelah diinput, dokumen warga akan memproleh legalisasi berupa Tanda Tangan Elektronik pejabat berwenang (Kadis dan Kabid), warga akan memperoleh email pemberitahuan.

Email tersebut haruslah terkoneksi ke Handphone (android/iPhone) warga yang memiliki basis data seluler. Melalui email itu, warga akan memperoleh Barcode dan PIN untuk masuk ke menu pencetakan KTP atau ke Menu KK. Setelah PIN diterima, maka warga selanjutnya dapat mencetak dokumen yang diinginkan.

“Begitu verifikasi selesai dan mendapat email pemberitahuan, maka warga tidak perlu menunggu 3 hari. Bisa langsung ke ADM untuk mencetak hari itu juga,” tambah Tresnahadi.

Untuk diketahui, Dukcapil akan menyiapkan dokumen sekitar 250 lembar KK/AKTA/KIA dan sejenisnya per hari. Demikian pula blangko KTP elektronik, disiapkan dalam jumlah yang sama. Blanko/lembar kosong akan ditambah menyesuaikan dengan tingkat print out atas pemanfaatan dokumen tersebut.

“Harapan kami mudahan-mudahan alat ini bermanfaat dan memberi kemudahan. Ke depan pasti kita evaluasi, jika direspons positif, bukan tidak mungkin kita usulkan pengadaan untuk ADM di wilayah Timur dan Barat yang jauh dari Dukcapil,” tandasnya. (ari)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional