Dugaan Kebocoran Hasil MTQ akan Diusut

Mataram (suarantb.com)Dugaan kebocoran hasil juara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVI yang diselenggarakan di NTB akan diselidiki lebih lanjut. Pasalnya, telah beredar kabar bahwa Provinsi Banten meraih juara umum MTQ ke-26 ini. Berita tersebut beredar pada media lokal Banten, menyebutkan Gubernur Banten, Rano Karno mendapatkan kepastian informasi dari Ketua Kafilah Provinsi Banten.

Menanggapi hal tersebut Dirjen Bimnas Islam, Prof. Machasin mengatakan akan mengusut laporan adanya kebocoran hasil juara MTQ tersebut. Dikarenakan hasil resmi pemenang akan dibacakan malam nanti.

“Kalau ada yang membocorkan itu bisa saja diberikan sanksi nantinya, kalau kita tahu. Tapi kalau orang mengira-ngira itu urusan lain,” ujarnya dalam konferensi pers persiapan penutupan MTQ di Gedung Pendidikan Islamic Center, Sabtu, 6 Agustus 2016.

Machasin mengatakan bahwa kepastian pemenang MTQ ke-26 ini akan diumumkan malam nanti. Sehingga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya kabar yang beredar. Senada dengan Machasin, Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Muhammad Amin  mengatakan pengumuman yang resmi akan dibacakan malam nanti. Kepastian pada informasi yang saat ini beredar menurutnya hanya prediksi semata.

“Yang resminya nanti malam, boleh dia jadikan berita tapi itu tidak dari hasil resmi. Keterangan siapa di situ. Saya kira di tempat lain demikian, memperkirakan juara, tahunya betul dia juara, tidak bisa kita katakan itu ada kecurangan,” jelasnya seusai konferensi pers.

Informasi yang beredar juga mengatakan NTB berada pada urutan ke 4 dalam juara MTQ ke-26 ini, sedangkan juara dua adalah DKI Jakarta, disusul juara tiga oleh Kepulauan Riau. Namun hal tersebut dibantah Wagub NTB dan juga Dirjen Bimnas Islam. (szr)