Dubes Asal Timteng akan Lakukan Kunjungan Kehormatan ke NTB

Mataram (suarantb.com) –  Para Duta Besar (Dubes) asal Timur Tengah (Timteng) berencana akan melakukan kunjungan kehormatan ke NTB. Mereka akan menemui Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi.

Rencananya, mereka juga berkunjung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, sentra budidaya mutiara dan Islamic Center. “Kemarin saya rapat di Kementerian Luar Negeri, rencananya  tanggal 29 – 30 November, beberapa duta besar negara sahabat dari Timur Tengah akan ke NTB,” kata Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB, Drs. H. L. Gita Ariadi, M.Si beberapa hari lalu di Mataram.

Menurutnya, kunjungan perwakilan negara-negara sahabat asal Timteng ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Dubes Saudi Arabia untuk Indonesia yang baru sudah memastikan akan datang ke NTB. Kedatangan para Dubes asal Timteng ini untuk melihat secara lebih dekat potensi yang dimiliki NTB serta menindaklanjuti beberapa pembicaraan yang dilakukan sebelumnya.

“Banyak Dubes baru. Bagi kita, ini kesempatan untuk menindajklanjuti berbagai komitmen sebelumnya,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB ini mengatakan kedatangan mereka juga tak terlepas dari pengembangan wisata halal yang sedang gencar dilakukan Pemprov NTB. Mereka akan melihat prospek wisata halal di NTB ke depannya.

Terlebih, Islamic Development Bank (IDB) membutuhkan lahan untuk pengembangan wisata halal atau moslem friendly tourism di KEK Mandalika. Beberapa hari sebelumnya, Kepala Perwakilan IDB di Jakarta telah menghadap Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH., M. Si. Dalam  tahun ini, IDB sudah tiga kali datang ke NTB. “Terus menjajaki komitmen  dan tindaklanjut pembicaraan yang sudah ada,” kata Gita. (nas)