Dubes AS Kunjungi Lombok, Ini Alasannya

Mataram (suarantb.com) – Kunjungan Duta Besar AS Untuk RI, Joseph R Donovan beserta rombongan ke Lombok menarik perhatian. Sang Dubes juga mengaku ini merupakan kunjungannya pertama kali ke NTB, persisnya ke Lombok.

“Ini kunjungan pertama saya ke Lombok, setelah baru enam bulan menjabat Dubes AS di Indonesia,” jawabnya ditemui di IC, Selasa, 16 Mei 2017.

Iklan

Donovan mengakui ia telah menghabiskan beberapa hari di Lombok. Tepatnya, ia dan istrinya, Mei Chou menikmati liburan dan menginap di daerah Lombok bagian selatan. Senin kemarin, 15 Mei 2017 ia telah mengunjungi daerah Senggigi dan hari ini ia bertandang ke Gili Trawangan.

The beaches are very beautiful and the water is very beautiful (Pantainya sangat indah, air lautnya juga bagus),” pujinya.

Sebenarnya, agenda utama dari kunjungan Donovan dan rombongan ke Lombok adalah perayaan resepsi Hari Kemerdekaan AS yang dilakukan Rabu besok, 17 Mei 2017. Lombok dipilih sebagai lokasi perayaan atas usulan dari Konsulat Jenderal AS di Surabaya, Heather Variava, yang telah sering mengunjungi Lombok. Sementara kunjungan ke Islamic Center sore ini  merupakan agenda yang ditentukan sendiri oleh Donovan.

“Tujuan utamanya itu ke Islamic Center bertemu gubernur. Saya sudah dengar banyak tentang IC dari Gubernur. Saya berkeinginan untuk belajar lebih banyak tentang peran agama di Indonesia dan peran Islam di Lombok,” akunya.

Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi juga menyatakan kunjungan ke IC adalah  bagian dari kegiatan rombongan Dubes AS selama di Lombok. Ia juga menambahkan, sudah menjadi agenda rutin pejabat AS untuk bertandang ke pusat keagamaan saat berkunjung ke Indonesia.

“Saya pikir memang pemerintah AS jika datang ke suatu daerah biasanya datang ke tempat keagamaan. Seperti Presiden AS yang ke Istiqlal, wakil presidennya juga. Saya pikir Pak Dubes pilih IC juga sebagai bagian penghormatan terhadap tradisi keagamaan kita di NTB,” ujar TGB.

Setelah berkeliling IC ditemani TGB dan Hj. Erica Zainul Majdi, Donovan mengungkapkan kekagumannya atas keindahan IC dan Masjid Hubbul Wathan. Terlebih, setelah ia turun dari menara IC yang berada pada ketinggian 99 meter.

“Pemandangan yang terlihat dari atas sangat indah. Kita bisa melihat Kota Mataram dari ujung ke ujung, daerah pesisir masjid-masjid yang dibangun dan gereja yang ada di dekat kediaman Pak Gubernur,” tuturnya.

Ditanya mengenai kesannya terhadap penduduk lokal, Donovan menjawab ia diperlakukan dengan baik selama berada di Lombok. “Sejauh ini mereka ramah, mereka memperlakukan istri dan saya dengan baik,” tambahnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here