Dua Warga Mataram akan Ikuti Pertukaran Pemuda ke India

Mataram (suarantb.com) – Dua perempuan perwakilan Mataram akan mengikuti pertukaran pemuda ke India dalam program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN). Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram, Amran. M. Amin, Senin, 22 Mei 2017.

“Alhamdulillah untuk Kota Mataram dua yang masuk, yang lolos,” ujarnya. Jatah untuk NTB dalam program PPAN tahun ini hanya tiga orang.

Iklan

Dua pemudi ini berhasil melalui berbagai proses penjaringan. Mereka berhasil lolos setelah bersaing dengan 53 pemuda lainnya.

Amran menyampaikan kriteria yang harus dimiliki para peserta ini di antaranya memiliki wawasan global, wawasan nasional, dan nilai TOEFL tinggi.

Amran juga mengingatkan agar nasionalisme para pemudi ini tidak tergerus. Karena mereka yang terpilih ini menjadi duta bangsa.

“Makanya kita menanamkan kepada mereka, kita itu jangan sampai karena pengetahuan dia di bidang hal-hal yang bersifat global itu nasionalismenya tergerus,” ujarnya.

Mereka harus menunjukkan nasionalisme yang tinggi. Di antaranya dengan menunjukkan jati diri pada pemuda-pemuda luar negeri. Walaupun mereka mengambil informasi dari luar negeri tapi jati diri harus tertanam untuk ditularkan kepada pemuda luar negeri. “Tapi jati diri sebagai anak bangsa itu harus kita tularkan,” katanya. (mai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here