Dua Terduga Pencuri Mesin Sampan Ditangkap

Ilustrasi Penangkapan. (Pixabay)

Selong (Suara NTB) – Sebanyak dua terduga pelaku  pencurian mesin sampan nelayan Jum dan Juma warga Lombok Tengah (Loteng) diringkus aparat Polres Lombok Timur (Lotim).  Keduanya ditangkap usai melakukan aksinya mencuri mesin milik sampan nelayan di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru akhir tahun 2019 lalu.

Modus yang digunakan oleh para pelaku, yaitu pada Kamis (21/11/2019) sekitar pukul 21.10 Wita.  Pelaku yang berjumlah dua orang mendatangi sampan milik korban, setiba di TKP kedua pelaku langsung melakukan aksinya dengan cara pelaku memotong tali pengikat mesin perahu menggunakan sebilah parang, selanjutnya pelaku meninggalkan Pantai Teluk Ekas, Dusun Ekas, Desa Ekas Buana. Atas kejadian itu, korban mengalami kerugian sekitar Rp18.000.000.

Iklan

Kasat Reskrim Polres Lotim, AKP. I Made Yogi Purusa Utama,SE,SIK, akhir pekan kemarin, menjelaskan, penangkapan terhadap kedua pelaku berawal dari pengungkapan sebelumnya. Kemudian tim melakukan pengembangan tentang pelaku yang kerap melakukan aksi serupa, selanjutnya pelaku ditangkap di rumahnya di Dusun Kidang dan Desa Mertak Kabupaten Loteng.

Dari tangan kedua pelaku, diamankan dua unit mesin sampan milik korban serta satu buah pisau yang digunakan oleh pelaku dalam menjalankan aksinya.

Dari pengakuan pelaku, bahwa ia juga pernah melakukan aksi serupa sebelumnya dengan modus yang sama. Pelaku mengakui akan menjual mesin perahu milik korban dengan cara diecer atau terpisah. “Saat ini pelaku dan barang bukti kami amankan di Polres Lotim untuk proses hukum lebih lanjut,”pungkas Yogi. (yon)