Dua Terduga Pelaku Begal Warga Asing Dilumpuhkan

Dua terduga pelaku begal WNA Denmark dirawat di RSUD Praya usai dilumpuhkan, Rabu, 19 Desember 2018. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Dua terduga pelaku begal dengan korban warga negara asing berhasil dibekuk jajaran Polres Lombok Tengah (Loteng) setelah selama tiga hari melakukan pengejaran. Kedua terduga pelaku pun terpaksa dilumpuhkan, karena berusaha kabur saat akan ditangkap, Rabu, 19 Desember 2018.

 “Kedua pelaku ini memang sudah menjadi target operasi kita sejak beberapa hari yang lalu,” ungkap Kapolres Loteng, AKBP Budi Santosa, SIK.M.H., melalui Kasat Reskrim, AKP Rafles Girsang, SIK., Kamis, 20 Desember 2018.

Iklan

 Kedua terduga pelaku masing-masing Pu alias Gepur, warga Desa Mekar Sari Kecamatan Praya Barat Daya Loteng, serta SY alias Gandek, asal Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Lombok Barat (Lobar). Keduanya diduga terlibat kasus begal dengan korban Laura Spangsberg, asal Denmark, Sabtu, 15 Desember 2018.

 Rafles mengatakan, penangkapan kedua terduga pelaku bermula dari pengembangan yang dilakukan pihaknya, jika dari informasi yang diperoleh dari warga, kedua pelakulah yang diduga membegal warga asal Denmark hingga membuat korban luka parah di bagian lengannya.

Atas dasar informasi tersebut, polisi kemudian melakukan pengejaran. Dalam melakukan pengejaran, aparat dihadapkan dengan kondisi keduanya yang sering berpindah-pindah. Sampai akhirnya pada Rabu dini hari, kedua pelaku berhasil dibekuk tim Resmob Polres Loteng, ditempat persembunyiannya di Dusun Rujak Ngalun, Desa Mekar Sari Praya Barat.

 Awalnya, polisi tidak mengalami kesulitan penangkap pelaku. Namun saat hendak dibawa ke Polres Loteng, kedua pelaku berusaha memberikan perlawanan dan kabur, sehingga dengan terpaksa, kedua pelaku dilumpuhkan dengan timah panas.

 Kedua terduga pelaku sendiri kini sudah diamankan di Mapolres Loteng untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut.

 Rafles menambahkan, kedua pelaku sendiri diduga terlibat sejumlah kasus kriminal dengan sasaran warga negara asing. Terakhir, pelaku diduga terlibat begal di wilayah Nambung, perbatasan Loteng dengan Lobar. (kir)