Dua Tambahan Pasien Positif Hari Ini Asal Lotim

L. Gita Ariadi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Satgas Pemerintah Provinsi NTB untuk Penanganan Covid-19 pada tanggal 6 April 2020 merilis data terbaru mengenai dua pasien positif Covid-19 di NTB. Keduanya berasal dari Lombok Timur.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi Nusa Tenggara Barat, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si dalam rilis yang diterima Suara NTB, Senin malam, 6 April 2020 menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima konfirmasi 2 (dua) orang PDP Positif Covid-19.

Iklan

Penderita Positif Covid-19 pertama dengan nomor pasien 09, berinisial Ny. NM, berjenis kelamin perempuan, usia 28 tahun, penduduk Kabupaten Lombok Timur. Pasien memiliki riwayat kontak erat dengan pasien nomor 01.

Dalam 14 hari terakhir sebelum sakit, pasien tidak pernah bepergian ke daerah terjangkit Covid-19. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD dr. R. Soedjono Selong dengan kondisi baik.

Penderita Positif Covid-19 kedua dengan nomor pasien 10, an. Tn. MI, laki-laki, usia 41 tahun, penduduk Kabupaten Lombok Timur. Pasien memiliki riwayat kontak erat dengan pasien nomor 01. Dalam 14 hari sebelum sakit, pasien tidak pernah bepergian ke daerah terjangkit Covid-19. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD dr. R. Soedjono Selong dengan kondisi baik.

Dengan adanya tambahan 2 (dua) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini maka jumlah pasien positif Covid-19 di NTB sampai hari ini (6/4/2020) sebanyak 10 (sepuluh) orang.

Untuk menghindari penularan lebih lanjut, petugas kesehatan melakukan Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan pasien-pasien yang bersangkutan.

Selain pengumuman tersebut, Gugus Tugas NTB juga mengumumkan bahwa hari ini laboratorium RSUD Provinsi NTB sebagai rumah sakit rujukan pemeriksaan Covid19 telah mulai melakukan pemeriksaan terhadap sampel PDP dari rumah sakit jejaring. Selanjutnya, hasil dari pemeriksaan sampel tersebut akan dilaporkan ke Litbangkes RI di Jakarta.

BNPB juga telah mengirimkan 1.900 buah APD Coverall dan 7000 buah masker bedah sehingga diharapkan kebutuhan APD untuk rumah sakit dan puskesmas dapat tercukupi dalam minggu ini.

“Diminta kepada semua lapisan masyarakat untuk tetap tenang, selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas, menghindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat, dan mengurangi aktivitas di luar rumah,” imbau Sekda dalam rilis tersebut. (r/aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here