Dua Sembuh, KSB Keluar dari Zona Merah Total

Infografik kasus Covid-19 KSB tanggal 26 Desember 2020.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) -Dua orang pasien positif di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dinyatakan sembuh. Berdasarkan rilis tanggal 26 Desember, dua pasien yang dinyatakan sembuh tersebut berasal dari kecamatan Poto Tano dan Brang Ene.

Kesembuhan dua orang itu sekaligus membuat KSB keluar dari zona merah total penyebaran virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut. Sebelumnya pada, 25 Desember, KSB sempat dilaporkan total 8 kecamatannya memiliki pasien positif. Di mana jumlah kasus sebanyak 26 pasien positif dengan kasus terbanyak di kecamatan Taliwang, yakni 13 kasus positif.

Zona merah total yang dialami KSB ini baru pertama kali terjadi sejak kasus positif Covid-19 pertama terdeteksi sekitar 8 bulan lalu. Menanggapi hal ini, ketua KNPI KSB, Trisman menyatakan, pihaknya turut bersimpati dengan kondisi tersebut. Namun demikian, ia meminta agar Satuan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten segera mengambil langkah-langkah strategis guna menekan laju kasus virus yang hingga kini belum ada penawarnya itu.

Salah satu yang harus dilakukan oleh Gugus Tugas, menurut Trisman, adalah mengaktifkan kembali upaya-upaya prefentif pencegahan Covid-19 yang sempat dilancarkan di awal-awal pandemi. Seperti menggelar razia masker, sosialisasi penerapan pembatasan fisik (physical distancing) di area-area publik serta sosialisasi pola hidup sehat kepada masyarakat. “Waktunya kita kembali seperti awal lagi karena kita lihat masyarakat mulai abai dengan (pencegahan) virus itu,” cetus Trisman.

Tidak saja langkah prefentif, Trisman juga meminta Gugus Tugas mengevaluasi pelonggaran aktivitas acara yang memungkinkan masyarakat berkerumun. Minimal jika tidak bisa menghentikannya sementara waktu, penanggung jawab acara harus bisa menjamin penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat. “Gugus tugas harus tegas. Itu intinya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah kasus positif Covid-19 pada saat KSB total berstatus zona merah sebanyak 26 pasien. Sementara total kasus di KSB hingga saat ini berjumlah 156 dengan rincian, 24 dalam masa penyembuhan, 129 orang dinyatakan sembuh dan 3 kasus meninggal dunia.(bug)