Dua Kapal Baru Layani Penyeberangan Kayangan-Poto Tano

Mataram (suarantb.com) – Dua kapal baru milik PT. Multi Guna Maritim, yaitu Kapal Garda Maritim I & II resmi beroperasi melayani penyeberangan dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa Barat. Peresmian beroperasinya dua kapal ini dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, di Pelabuhan Kayangan, Selasa, 5 Desember 2017.

Amin menegaskan, kehadiran dua kapal baru tersebut merupakan dukungan nyata terhadap program pemerintah pusat yakni pembangunan tol laut. Tol laut bisa menjadi solusi permasalahan transportasi, sekaligus meningkatkan kelancaran arus penyeberangan dari Kayangan-Poto Tano dan sebaliknya.

Iklan

“Pengembangan transportasi laut, kedepannya akan menjadi solusi efektif ketika ada permasalahan dengan transportasi udara. Misalnya akibat bencana alam, seperti letusan Gunung Agung yang terjadi saat ini,” ujar Amin.

Peningkatan kualitas dan kuantitas moda transportasi laut mutlak diperlukan, terlebih menyambut peningkatan arus kunjungan wisatawan. Termasuk masuknya investasi nasional dan internasional yang semakin banyak ke NTB. Namun, ia mengingatkan keamanan dan keselamatan penumpang harus menjadi prioritas utama.

Sembari menegaskan bahwa keamanan dan keselamatan penumpang adalah harga mati. “ASDP harus selalu melakukan inspeksi dan memeriksa kelayakan armada yang akan beroperasi. Tentu bila ditemukan adanya kelalaian agar diberikan sanksi tegas”, imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Multi Guna Maritim, Yan Moris Budiman mengungkapkan alasan ketertarikannya memilih berinvestasi di bidang transportasi laut di NTB adalah karena pertumbuhan ekonomi di NTB cukup bagus. Selain itu, NTB juga dikenal sebagai daerah dengan angka kunjungan wisatawan dengan peningkatan cukup signifikan dari tahun ke tahun.

“Ini adalah investasi perdana kami di bidang pelayaran laut, dan NTB adalah tempat pertama kami berinvestasi. Karena proses berinvestasi di NTB mudah, kita tertarik memperluas investasinya, khususnya di sektor transportasi laut, seperti kapal cepat. Ini bisa jadi konektivitas ke pulau-pulau kecil atau gili yang menjadi destinasi unggulan kunjungan wisatawan di NTB,” pungkasnya.

Memiliki dek yang cukup tinggi, yakni 4,5 meter Garda Maritim I & II memiliki kapasitas lebih besar. Sehingga bisa menampung lebih banyak kendaraan berukuran besar. Dengan tambahan dua kapal, berarti jumlah Kapal yang melayani penyebrangan Kayangan-Poto Tano bertambah menjadi 24 buah kapal. (ros)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional