Dua Ibu dan Bayinya Dinyatakan Positif Covid-19

Carloff Sitompul. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Sebanyak 13 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang diumumkan pada, Minggu malam, 24 Januari 2021. Terdapat dua ibu dan bayinya turut dinyatakan positif terpapar virus asal Wuhan, Tiongkok itu.

Kedua ibu dan bayinya tersebut kini tengah menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Asy Syifa KSB. Direktur RSUD Asy Syifa, dr. Carloff Sitompul menjelaskan, bayi yang baru lahir beberapa hari itu dinyatakan tertular dari ibu masing-masing. “Kebetulan ibunya sudah positif duluan dan begitu lahiran kami langsung melakukan uji swab yang hasilnya, bayinya juga positif,” katanya kepada Suara NTB, Senin, 25 Januari 2021.

Iklan

Terlahir dengan status terpapar Covid-19 membuat kesehatan kedua bayi pun harus mendapatkan perawatan ekstra. Sejak lahir, hingga saat ini masih diberi bantuan peralatan medis. Satu bayi harus berada dalam inkubator sementara satunya lagi diungkapkan Carloff dipasangi ventilator. “Kesehatannya belum stabil. Sehingga kami mengambil langkah-langkah medis untuk memulihkannya,” ujarnya.

Menurut Carloff, ibu hamil memiliki tingkat kerentanan tinggi terpapar virus. Sebab selama hamil imunitas sang ibu menurun sehingga virus apa pun jenisnya akan mudah menjangkiti. “Makanya kami ingatkam bagi ibu hamil di saat-saat ini ada virus Covid-19 tolong benar-benar patuhi protokol kesehatan. Dan janga lupa juga cukupi asupan gisinya,” pesannya.

Untuk diketahui bayi yang dinyatakan terinfeksi Covid-19 itu merupakan warga desa Kertasari, kecamatan Taliwang dan warga desa Talonang, kecamatan Sekongkang. (bug)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional