Dua Hektar Padi di Kecamatan Seteluk Terancam Puso

Nampak lahan padi yang terendam banjir di kelurahan Sampir, Kabupaten Sumbawa barat.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Sekitar dua hektar lahan padi di Kecamatan Seteluk, tepatnya di Desa Air Suning terancam gagal panen pasca terendam belum lama ini. Tingginya genangan yang mencapai 40 centimeter dengan usia padi siap panen tersebut dikhawatirkan berdampak pada target produksi padi di musim panen perdana tahun 2021.

“Memang ada sekitar dua hektar padi yang terancam gagal panen sementara puluhan hektar padi lainnya yang terendam sudah mulai dipanen dengan menggunakan perahu,” ungkap Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) kepada Suara NTB melalui Kabid Tanaman Pangan Syaiful Ulum SP, Rabu, 3 Maret 2021. Selain di Desa Air Suning kejadian yang sama juga terjadi di Desa Meraran dengan luas lahan sekitar 20 hektar dan kelurahan Sampir sekitar 50 hektar..

Iklan

Dikatakannya, persoalan lahan yang terendam baru tahun ini terjadi sedangkan di tahun sebelumnya belum ada. Tingginya intensitas hujan menjadi faktor utama sehingga lahan tersebut terendam banjir.  Terkait kondisi tersebut, pihaknya sudah meminta kepada petugas PPL untuk segera melakukan pemantauan untuk memastikan informasi tersebut. ” Intensitas hujan masih sangat tinggi sehingga kami berharap agar masyarakat rutin memantau lahannya supaya kita ada kejadian bisa langsung disikapi,” sebutnya.

Beruntung akibat bencana tersebut untuk semenatara ini baru desa Air Suning saja  yang mengalami kerusakan. Hanya saja bencana gagal panen tidak banyak karena hanya spot-spot tertentu saja. Sementara untuk lokasi yang lain kondisinya sudah ada yang berangsur pulih dan melakukan panen. Pihaknya juga menghimbau kepada petani untuk segera melapor ketika terjadi genangan untuk disikapi. “Kami sangat bersyukur lahan yang terendam hanya sebagian kecil saja yang mengalami gagal panen karena usia padi siap panen sementara untuk lokasi lainnya masih bisa dikendalikan,” tandasnya. (ils)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional