Dua Galian C Tak Berizin Ditutup Pemkab Lotim

Petugas dari Satpol PP Lotim melakukan penutupan terhadap galian C tak berizin di Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik, Senin, 19 April 2021. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kembali menutup dua lokasi galian C yang berada di di daerah ini. Dua tambang galian C yang ditutup tersebut berada wilayah Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik dikarenakan tidak memiliki izin.

 “Kita melakukan penutupan paksa ini karena tidak memiliki izin. Ini penutupan kali kedua galian C setelah sebelumnya sebanyak empat lokasi kita tutup,”terang Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Satpol-PP Lotim, Sunrianto, S. Sos, Senin, 19 April 2021.

Iklan

Ditambahkannya, proses penutupan dilakukan lantaran aktivitas warga tersebut melanggar Perda Nomor 8 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Adapun dua lokasi penutupan galian C ini tepatnya di Dusun Gonjong, Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik dengan pemilik inisial Z. Galian C satunya terdapat di Ruse Gondong, Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik dengan inisial H.

Dalam proses penutupan ini, kondisi tambang galian C ini sudah dalam kondisi kosong dan tidak ditemukan adanya alat berat yang beroperasi di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan, pemilih dari galian C ini sudah diingatkan oleh petugas supaya menghentikan aktivitasnya sebelum mengurus izin.  “Lokasi itu bukan termasuk tempat galian C, melainkan termasuk wilayah perkebunan,” katanya.

“Operasi kita masih berjalan. Kita masih pemantauan dan pengecekan izin terhadap galian C yang ada di Kabupaten Lotim. Dalam penertiban ini, kita berkoordinasi dengan Laskar NTB, DLHK dan PPNS,”pungkasnya. (yon)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional