Dua Bapaslon Perseorangan Lolos Verifikasi Administrasi Dukungan

Mars Ansori Wijaya (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Dalam tahap perbaikan dukungan bakal pasangan calon kepala daerah/wakil kepala daerah yang maju dari jalu perseorangan pada Pilkada serentak 2020 ini, tersisa dua Bapaslon yang masih bertahan. Keduanya telah dinyatakan oleh KPU Memenuhi Syarat (MS) dukungan dalam proses verifikasi administrasi.

“Ya dua bakal pasangan calon perseorangan masih bertahan sampai saat ini, karena mereka dinyatakan memenuhi syarat dukungan. Sehingga akan dilanjutkan ke verifikasi faktual,” ungkap Sekretaris KPU Provinsi NTB, Mars Ansori Wijaya, yang dikonfirmasi Rabu, 5 Agustus 2020.

Iklan

Dua bapaslon perseorangan tersebut adalah pasangan Dianul Hayezi dan H. Badrun Nadianto yang maju di Pilkada Kota Mataram, serta pasangan H.L. Saswadi dan H. Dahrun yang maju di Pilkada Kabupaten Lombok Tengah. Kini keduanya tinggal melewati satu tahapan lagi yakni verifikasi faktual, jika lolos maka mereka bisa mendaftar sebagai pasangan calon ke KPU bersama pasangan calon dari jalur parpol.

Diketahui, pada penyerahan dukungan tahap pertama lalu, pasangan Dianul Hayezi dan H. Badrun Nadianto mengalami kekurangan dukungan sebanyak 22.994. Sehingga pasangan ini harus menyetorkan dukungan perbaikan minimal dua kali lipat, atau minimal 45.988 dukungan dalam masa perbaikan.

“Pada masa perbaikan, pasangan ini menyerahkan dukungan sebanyak 53.956. setelah dilakukan verifikasi administrasi dukungan yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 53.049 dan sebanyak 907 dukungan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Jadi sudah melebihi dari 45.988,” sebut Ansori.

Dari total dukungan MS tersebut, dijumpai 49.700 yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu/Pemilihan Terakhir dan/atau DP4, sisanya sebanyak 3.349 tidak terdaftar dalam DPT dan/atau DP4.

Demikian juga halnya dengan pasangan H.L. Saswadi dan H. Dahrun yang mengalami kekurangan dukungan sebanyak 21.947 pada penyerahan dukungan tahap pertama. Sehingga dalam tahap perbaikan dukungan itu, pasangan ini harus menyetorkan dukungan perbaikan sebanyak dua kali lipat, atau minimal 43.894

“Pada masa perbaikan, pasangan H. L. Saswadi dan H. Dahrun menyerahkan dukungan 47.770. Setelah dilakukan verifikasi administrasi dukungan yang dinyatakan MS sebanyak 42.685 dan sebanyak 5.085 dukungan TMS,” katanya.

Dari total dukungan MS tersebut, dijumpai sebanyak 41.919 yang terdaftar dalam DPT Pemilu/Pemilihan Terakhir dan/atau DP4, sisanya sebanyak 766 tidak terdaftar dalam DPT dan/atau DP4. Khusus dukungan yang tidak terdaftar dalam DPT Pemilu/Pemilihan Terakhir dan/atau DP4 Pemilihan. Selanjutnya akan dikoordinasikan oleh KPU Kota Mataram dan KPU Lombok Tengah ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Setempat. (ndi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here