Dua Bandar Lotim Diduga Jual Sabu Malaysia

Mataram (Suara NTB) – Polisi menangkap dua kurir sabu di Lombok Timur pekan lalu. Masing-masing AS (26) di Dusun Bangket Atas, Desa Jurit, Pringgasela, dan AJ ditangkap di Dusun Uma Jaya, Desa Sukadana, Terara. Total barang bukti disita 50 gram sabu.

Kasubdit II Ditresnarkoba Polda NTB, AKBP I Komang Satra menjelaskan, keduanya merupakan satu jaringan meskipun beroperasi di tempat berbeda. “Mereka indikasinya sebagai kurir yang menyuplai sabu ke bandar-bandar,” ungkapnya, Rabu, 3 Maret 2017.

Iklan

Penangkapan dua tersangka itu dilakukan pada Rabu, 26 April 2017 lalu. Tersangka AJ digerebek terlebih dahulu sekitar pukul 14.45 Wita. Saat itu tersangka tengah bersiap mengantar paketan besar sabu ke seorang bandar.

Petani lulusan SD itu digeledah badan. ditemukan satu poket besar sabu di saku celana kanannya. “Di dalam plastik klip seberat 24 gram,” kata Satra.

Tim Subdit II Ditresnarkoba kemudian bergeser menuju Dusun Bangket Atas, Desa Jurit, Pringgasela. Tempat di mana tersangka AS diduga kerap melancarkan aksinya mengedarkan sabu. AS didapati sedang berada di rumah.

“Informasi masyarakat yang kita terima ternyata benar. Ditemukan satu poket sabu di dalam bungkus rokok di saku belakang celananya,” ujar dia. sabu dalam satu poket besar itu beratnya 26 gram.

Dari penyidikan tersangka, Satra menyebut barang haram sabu itu diperoleh dari luar negeri. Langsung dari Malaysia,” sebutnya. Pola pengiriman kepada para tersangka masih dalam penyelidikan.

Dalam beraksi pun mereka terindikasi satu jaringan. Masing-masing tersangka mengantarkan barang kepada bandar dengan skala lebih kecil. Per-gramnya lagi dibagi ke dalam 25 poket kecil. Nilai total sabu dari dua tersangka itu mencapai Rp 100 juta.

“Mereka ini saling kenal wajah. Mereka mengedarkan sabu dalam partai besar kepada bandar-bandar di bawahnya. kita juga masih dalami lagi apakah mereka ini bandar besarnya atau hanya kurir saja,” terangnya.

Masing-masing tersangka dijerat dengan pasal 112 ayat 2 dan atau pasal 114 ayat 2 dan atau pasal 127 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dari hasil tes urine, dua tersangka teridentifikasi positif mengonsumsi sabu. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here