DPRD Sumbawa Setujui Pembubaran PT DMB

Kantor DPRD Sumbawa (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Rapat paripurna DPRD Sumbawa, Rabu,  30 Januari 2019,  menyetujui pembubaran PT. Daerah Maju Bersaing (PT.DMB). Dengan sejumlah catatan, diantaranya, perusahaan mesti menyampaikan jumlah dan nilai aset, kas, atau nilai keuangan terakhir.

Demikian disampaikan Sekretaris DPRD Sumbawa, H. Amri S.Sos, M.Si, ketika membacakan keputusan DPRD Sumbawa. DPRD Sumbawa Memberikan persetujuan pembubaran PT.DMB sebagai Perseroan Terbatas yang berbadan hukum, yang didirikan atas konsorsium bersama dengan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB). Yang ditetapkan dengan Perda Provinsi NTB No. 4 Tahun 2010, tentang Perseroan terbatas DMB.

Catatan lainnya atas persetujuan tersebut, pembagian nilai aset dan kas disesuaikan dengan kepemilikan saham. Kemudian Mendorong Bupati Sumbawa bersama Bupati KSB dan Gubenur NTB, untuk mengambilnya langkah strategis guna mempercepat pembubaran PT.DMB.  dan segala persoalan hukum berpedoman kepada peraturan perundangan-undangan.

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Syamsul Fikri S.Ag, M.Si, menegaskan, catatan yang menyertai persetujuan pembubaran PT DMB, karena Pemkab Sumbawa belum mengetahui jumlah aset bergerak dan tidak bergerak yang dimiliki hingga saat ini. Termasuk kondisi kas terakhir. Sehingga harus jelas dulu posisi kas dan aset. Agar DPRD tidak sekonyong-konyong mengambil keputusan.

“Sehingga, diperlukan catatan dan syarat untuk menjaga eksekutif dan legislatif terlepas dari polemik terkait pembubaran PT. DMB. Dikala catatan-catatan ini tidak dapat terpenuhi, maka persetujuan itu, batal demi hukum,” tukas Ketua Komisi I DPRD Sumbawa ini. (arn)