DPRD Sumbawa Minta Pemkab Segera Tuntaskan Masalah Pasar Seketeng

Syamsul Fikri, Abdul Rafiq. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pimpinan DPRD Sumbawa meminta Bupati dan Wakil Bupati segera menuntaskan persoalan pasar Seketeng. Seperti soal pembagian kios dan lapak, drainase yang tersumbat dan lainnya. Agar masalah tersebut tidak berlarut larut dan terciptanya pasar yang bersih dan sehat.

“Mo Novi harus segera menyelesaikan masalah pasar. Dibutuhkan ketegasan pemerintah agar pasar menjadi tertib. Keberadaan pasar yang bagus mestinya diimbangi dengan penataan yang lebih baik,” terang Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Syamsul Fikri M.Si.

Iklan

Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, juga mengakui selama ini cukup banyak menerima laporan terkait pasar Seketeng pasca penempatan pedagang. Mulai dari pedagang yang tidak mendapatkan lapak, lokasi parkir, kebocoran, tersumbatnya drainaee, sampah, termasuk persoalan air.

Terkait hal tersebut, Rafiq meminta untuk mencari solusi terbaik. Tanpa harus saling menyalahkan. Mengingat ekspektasi masyarakat terutama yang ingin berjualan di pasar Seketeng cukup besar. Sehingga pemerintah membutuhkan waktu untuk menuntaskan persoalan yang ada.

Rafik berharap Pemkab melalui dinas teknis  segera melakukan evaluasi pengelolaan pasar Seketeng. Berbagai masukan baik dari DPRD maupun masyarakat bisa dijadikan refrensi sebagai bahan evaluasi nantinya.

Penting juta, Pemkab melalui Dinas terkait memastikan tidak ada lapak yang diperjual belikan. Semua harus mengacu pada fakta integritas yang telah ditanda tangani oleh pedagang. Jika ditemukan, maka harus ditindak dengan tegas. “Melalui Komisi teknis, kita akan panggil pihak terkait sebagai jalur koordinasi kami. Kondisi pasar saat ini harus dievaluasi,”tukasnya.

Sebelumnya, Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri M.M, saat dikonfirmasi, juga telah meminta dinas teknis untuk mengatasi tersumbatnya drainase yang sempat menyebabkan air tergenang di lantai bawah pasar saat turun hujan. Pihaknya pun meminta pedagang untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. “Kita mohon kesadaran pedagang. Jangan buang sampah di sembarang tempat. Petugas pasar juga mesti tegas. Mari kita sama sama menjaga,”harapnya.

H. Bas, panggilan akrabnya, juga telah meminta dinas teknis terkait untuk membedah persoalan yang masih terjadi di pasar Seketeng. Dalam menciptakan pasar yang nyaman baik bagi pedagang maupun bagi masyarakat yang berbelanja ke pasar. (arn) 

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional