DPRD Lobar Urunan Bantu Nakes Terpapar Covid-19

Anggota DPRD Lobar menyerahkan bingkisan kepada pihak RS Tripat sebagai bentuk dukungan moral ke para nakes, Senin, 8 Juni 2020.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Puluhan tenaga kesehatan (nakes) di Lombok Barat (Lobar) positif covid-19. Bahkan dikawatirkan menjadi klaster baru penularan covid-19. Kalangan anggota DPRD Lobar berinisiatif urunan untuk membantu para nakes tersebut. Selain dinyatakan positif, ada belasan nakes masih dikarantina.

Dari hasil donasi yang dikumpulkan dari sesama anggota, para wakil rakyat memberikan bingkisan berisi buah dan makanan siap saji. Penyerahan bingkisan ini dilakukan di beberapa titik, yakni di rumah sakit Tripat, rumah sakit Awet Muda Narmada dan hotel Aruna.

Iklan

Anggota DPRD Lobar, Lalu Irwan bersama anggota lain, Abdul Majid dan Ali Hidayat di sela-sela menyerahkan bingkisan di RSUD Tripat mengatakan anggota DPRD berinsiatif untuk berdonasi pada saat paripurna. “Ini adalah bentuk dukungan moral kami kepada saudara kita para nakes selaku garda terdepan dalam penanganan covid-19,” jelas politisi Gerindra ini. Hasil donasi yang dikumpulkan tersebut jelas dia diberikan dalam bentuk barang, seperti buah dan makanan.

Mereka prihatin dengan banyaknya nakes terpapar. Informasi yang diperoleh, banyak nakes yang positif dan diisolasi. Jumlahnya mencapai 30 orang. Terdiri dari 12 orang di RSUD Tripat, 6 orang di RS Narmada dan 12 orang di hotel Aruna. Ia berharap banyaknya nakes positif harus menjadi perhatian bersama, sehingga masyarakat taat terhadap protokol covid-19. Jangan sampai perjuangan para nakes ini justru menjadi luntur akibat masyarakat  yang tak patuh.”Para nakes sudah berjuang, namun masyarakat tak taat. Harapan kami dengan donasi Dewan ini bisa mengunggah pihak lain,” harap dia.

Dirut RSUD Tripat, Arbain Ishak mengatakan total pasien covid-19 yang ditangani 40 orang, terdiri dari 21 orang positif diisolasi, 10 orang menunggu kepulangan, dan ada pasien anak.  Terkait nakes RS Tripat yang positif sebut dia, sebanyak 12 orang. Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) dr Ahmad Taufiq Fathoni mengatakan, total pasien nakes positif sebanyak 21 orang. Para nakes ini dirawat di rumah sakit narmada dan Tripat. Dari 21 nakes ini ada 5 orang nakes sembuh. “Alhamdulillah ada 5 orang Nakes sembuh,”kata dia. (her)